Gerakan untuk Melatih Otot dengan Menggunakan Dumbel

Yuriantin | 21 Maret 2019 | 20:40 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Alat bantu olahraga sering kali digunakan untuk melatih kekuatan otot. Salah satunya dumbel. Mari mengenal lebih dalam alat ini dan cara menggunakannya. 

Dumbel cocok untuk Anda yang berlatih gerakan dasar, seperti gerakan mendorong otot bahu dan dada. Umumnya, dumbel digunakan utuk melatih otot tangan terutama otot biceps (otot lengan atas depan) dan triceps (otot lengan atas belakang). Berikut ini gerakan olahraga dengan dumbel untuk memperkuat biceps dan triceps.

“Hammer curl”
Gerakan ini menyasar otot biceps. Mulai dengan kedua tangan masing-masing menggenggam dumbel dan berada di sisi tubuh. Tekuk kedua tangan ke arah dada. Tahan selama beberapa detik dan kembali ke posisi semula. Ulangi sampai 15 kali. 

“Triceps kickback”


Sesuai namanya, gerakan ini melatih triceps. Awali dengan berdiri dan menggenggam dumbel dengan kedua tangan. Condongkan tubuh ke depan dan tekuk lutut. Tekuk siku ke belakang. Lalu luruskan kedua lengan ke belakang hingga sejajar dengan lantai. Kembali ke posisi semula dan ulangi sampai 15 kali. 

(yuri / gur)
 

Penulis : Yuriantin
Editor: Yuriantin
Berita Terkait