Jangan Gampang Percaya dengan Klaim Produk Makanan Sehat untuk Anak, Ini Sebabnya

Rizki Adis Abeba | 5 April 2019 | 21:15 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Banyak produk makanan dan minuman untuk anak yang mengklaim produk mereka sehat untuk dikonsumsi anak-anak. Namun hati-hati, jangan mudah terbuai oleh iklan dan kemasan makanan ringan anak yang mengklaim sebagai produk sehat.

“Orang tua berisiko salah paham karena ‘kampanye marketing yang manipulatif’ dan ‘pesan curang’ pada kemasan makanan ringan anak-anak,” kata Max Davie, dokter anak dari rumah sakit anak Evelina London, Inggris. Max Davie juga mengatakan orang tua perlu mewaspadai tingkat obesitas pada anak dengan memastikan apa saja makanan yang dikonsumsi anak.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Universitas Glasgow, Skotlandia, peneliti mengungkapkan banyak makanan dan minuman anak yang dijual bebas di toko diyakini orang tua sebagai camilan sehat. Padahal, pada makanan dan minuman “sehat” yang dalam kemasannya disebutkan setara dengan satu porsi buah atau sayuran, kenyataannya tidak demikian.

Tim peneliti memeriksa lebih dari 300 produk yang ditujukan untuk anak-anak, termasuk 41 merek berbeda yang dijual di tujuh supermarket besar Inggris antara 2016 dan 2017. Mereka mengambil sampel berupa makanan ringan yang menggunakan pesan kesehatan seperti camilan berbasis buah, minuman rasa buah, sereal batangan dan sereal, dan sama sekali tidak menyertakan camilan yang jelas-jelas tidak sehat seperti kue dan permen.

Hasilnya, ditemukan banyak ketidaksesuaian antara klaim makanan sehat dengan kenyataan yang sesungguhnya. Misalnya, makanan dan minuman yang mengklaim terbuat dari buah dan sayuran nyatanya hanya mengandung sangat sedikit ekstrak buah dan sayuran. Dalam jus buah dalam kemasan mengandung pemanis buatan yang berpotensi merusak gigi dan kandungan buahnya hanya berupa perasa buah sehingga anak tidak benar-benar mendapatkan manfaat buah. Atau ketika kandungan buah dan sayur dalam camilan sudah sesuai takaran, namun terdapat pengawet yang juga berbahaya untuk kesehatan anak.

Sebagai orang tua, Anda tetap harus waspada dan jeli mengamati kandungan unsur dalam makanan ringan anak-anak. Sebab jika diteliti lebih lanjut, banyak produk makanan dan minuman anak yang mengaku sebagai camilan sehat ternyata tidak benar-benar menyehatkan.

(riz/bin)

Penulis : Rizki Adis Abeba
Editor: Rizki Adis Abeba
Berita Terkait