Awas, Penyakit Kritis Mulai Menyerang Usia Muda, Ketahui Penyebabnya!

Romauli Gultom | 27 Juni 2019 | 19:56 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Penyakit kritis seperti penyakit jantung, kini tidak hanya menyerang orang berusia tua saja, namun beberapa tahun belakangan mulai menyerang usia muda. 

Menurut Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Kardiovaskular RS MRCCC Siloam Hospitals Semanggi, dr. Indra Manullang, SpPD, KKV, pergeseran gaya hidup masyarakat menjadi salah satu penyebab meningkatnya jumalh pasien penyakit kritis. 

“Kini sudah mulai banyak orang usia muda yang terkena penyakit jantung, padahal jaman dulu itu adalah penyakit orang tua. Beberapa contoh gaya hidup yang mempengaruhi timbulnya penyakit kritis di antaranya adalah merokok dan stress berlebihan,” ujar dr. Indra Manullang dalam AXA Mandiri Health Talk bertajuk Ayo Cegah dan Pahami Penyakit Kritis Sejak Dini di Jakarta, Kamis (27/6).

Ia menambahkan, banyak faktor risiko yang menyebabkan usia muda mengalami penyakit kritis. Namun, sebenarnya bisa dicegah dengan pola hidup yang tepat. 

"Hindari kebiasaan merokok dan minum alkohol, serta pola makan hindari junkfood. Banyak anak muda usia belasan sudah merokok, nah, itu yang membuat risiko semakin tinggi," jelasnya.

Karena itu, pentingnya sosialisasi dan edukasi untuk kaum muda akan pentingnya kesehatan dan pencegahan serta perencanaan keuangan ketika menghadapi penyakit kritis. Hal ini dikarenakan banyak mereka yang mengalami kebangkrutan karena harus berobat dengan biaya yang tidak sedikit.

"Kami ingin masyarakat memiliki kesadaran pencegahan penyakit kritis hingga dampaknya terhadap kondisi keuangan dan cara mempersiapkan biaya yang tidak terduga. Sehingga, dapat memenuhi kebutuhan proteksi di setiap tahap kehidupan dan dapat membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat," jelas Presiden Direktur AXA Mandiri Handojo G. Kusuma.

Penulis : Romauli Gultom
Editor: Romauli Gultom
Berita Terkait