Jelang Musim Hujan, Chairman’s Challenge 2019 Ajak Masyarakat Siaga Bencana

Panditio Rayendra | 15 Oktober 2019 | 01:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Dua minggu terakhir, hujan mulai menyapa Ibu Kota dan sekitarnya meski durasi singkat serta intensitasnya ringan. Namun sejumlah pihak mulai memikirkan peluang banjir dan bencana lain yang mengintai.

Karenanya, Prudential Indonesia, Prestasi Junior Indonesia (PJI) dan Palang Merah Indonesia menggelar program Chairman’s Challenge 2019 yang mengembangkan Desa Siaga Bencana untuk Indonesia. Desa Siaga ini hadir di dua wilayah yang rentan banjir, yakni Desa Cijayanti dan Kampung Sawah, Desa Leuwinutug, Bogor.

Pembangunan infrastruktur dilaksanakan secara gotong-royong selama sekitar 5 minggu dengan melibatkan 550 PRUVolunteers (karyawan Prudential) bersama komunitas setempat. Tujuannya, meminimalkan dampak banjir. Rangkaian kegiatan ini diakhiri peresmian renovasi jembatan gantung sepanjang 50 meter sebagai akses penghubung antar desa. Sepanjang 2019, Desa Leuwinutug dan Cijayanti tiga kali dilanda banjir. Bahkan di Cijayanti, banjir empat kali merobohkan jembatan. Masyarakat pun kesulitan mengakses air bersih. 

Bencana banjir juga merusak lahan mata pencarian masyarakat yang sebagian besar bertani padi dan singkong. Sharia, Government Relations and Community Investment Director Prudential Indonesia, Nini Sumohandoyo, menyebut, Prudential Indonesia merespons Chairman’s Challenge 2019 dengan memberdayakan komunitas di Desa Cijayanti dan Desa Leuwinutug, Bogor, yang secara geografis dekat dengan aliran sungai sehingga sering kena banjir. Selama 5 minggu Chairman’s Challenge 2019 memberikan dampak positif kepada ribuan keluarga.

“Sebanyak 2.844 kepala keluarga (9.933 orang) di dua wilayah itu diberdayakan. Ini sejalan dengan fokus perusahaan yaitu ‘We Do Good’ yakni komitmen untuk mewujudkan kebajikan, memberdayakan masyarakat dalam pilar Kesehatan dan Keselamatan sebagai bagian dari inisiatif Community Investment Prudential Indonesia,” beri tahu Nini kepada tabloidbintang.com di Jakarta, belum lama ini. Desa Siaga Bencana ini bentuk komitmen Prudential Indonesia dalam membangun komunitas dan generasi penerus yang lebih tangguh

Penulis : Panditio Rayendra
Editor: Panditio Rayendra
Berita Terkait