Melatih Otot Lengan dengan Handuk sebagai Pengganti Dumbel (Bagian 2)

Yuriantin | 3 April 2020 | 20:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sehelai handuk di rumah bisa digunakan untuk mengencangkan otot dengan variasi gerakan berikut. 

Towel Row 

Melatih otot lengan dan punggung dengan towel row. Caranya, kalungkan handuk pada tiang atau knop pintu. Pastikan tiang atau knop tersebut kuat menopang tubuh. Lalu, pegang kedua ujung handuk. Buka kedua kaki selebar bahu dan lakukan squat. Gunakan handuk untuk menyeimbangkan tubuh. Tarik handuk secara perlahan. Rasakan otot punggung seperti teremas. Ulangi gerakan ini hingga 15 kali. 

Push Up 

Variasi gerakan push up ini bisa dilakukan dengan bantuan handuk. Caranya, letakkan dua buah handuk di bawah telapak tangan. Setelahya, bersiap dalam posisi push up dengan bertumpu pada lutut. Turunkan tubuh dengan menekan tangan kiri sambil menyeret telapak tangan kanan ke arah kanan tubuh. Angkat tubuh dengan bertumpu pada telapak tangan kiri dan tarik telapak tangan kanan ke posisi semula. Ulangi secara bergantian hingga 30 kali. 

Plank Walks

Kebalikan dari push up, tempatkan kedua handuk pada bagian kaki. Bersiap dalam posisi plank. Tubuh bertumpu pada ujung-ujung jari kaki dan kedua telapak tangan yang tepat berada di bawah bahu. Dorong kedua telapak tangan seolah sedang berjalan sekitar 15 cm ke depan namun kedua kaki tetap diam di tempat. Lalu, dorong kedua telapak tangan seolah berjalan mundur. Ulangi hingga 20 kali.

(yuri)

Penulis : Yuriantin
Editor: Yuriantin
Berita Terkait