Kiat Jitu Menjaga Daya Tahan Tubuh Saat Berpuasa di Tengah Pandemi Covid-19

Romauli Gultom | 22 April 2020 | 11:33 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Menjalani puasa di bulan suci Ramadhan tahun ini akan terasa sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Kondisi yang sangat memprihatinkan akibat terus meluasnya wabah virus Covid-19 menjadi perhatian khusus bagi seluruh umat muslim di dunia. 

Pada saat puasa, tubuh akan kekurangan air dan zat gizi, terutama vitamin dan mineral. Kebutuhan nutrisi harian mungkin tidak terpenuhi semuanya. Untuk itu kita harus memperhatikan asupan makanan yang masuk ke tubuh pada saat sahur dan berbuka untuk menjaga daya tahan tubuh selama bulan ramadhan. 

Menurut Ahli Gizi, dr. Rosnah Pinontoan, Sp.GK sekaligus konsultan kesehatan Medikku dan partner Jovee, konsumsi makanan yang kaya nutrisi, tinggi protein, rendah gula dan lemak akan menjaga tubuh tetap berenergi selama berpuasa. 

Ia menjelaskan asupan gizi bagi orang yang berpuasa di tengah pandemi sama dengan anjuran gizi seimbang. Pada bulan Ramadhan terjadi perubahan waktu makan, di pagi sampai sore hari dilakukan puasa. Yang mungkin terjadi adalah dehidrasi dan kekurangan mikronutrien. Usahakan tetap menerapkan pola makan seimbang dan bervariasi selama sahur dan berbuka. 

"Hindari makanan yang bersifat proinflamasi seperti mengandung gula tambahan dan minyak jenuh berlebihan. Jika sulit memenuhi pola makan seimbang dan bervariasi, tambahan suplemen dapat dipertimbangkan, agar kesehatan tetap terjaga,” ujar dr. Rosnah Pinontoan dalam keterangan tertulisnya.

Ditambahkan Natali Ardianto selaku CEO Jovee.id, 
puasa ini spesial karena harus tetap di rumah bersama keluarga. Melakukan puasa dan menjaga imunitas tubuh menjadi tantangan tersendiri. Asupan gizi dan nutrisi harus tetap dijaga. Semua vitamin kecuali vitamin K tidak diproduksi oleh tubuh, oleh karena itu jika asupan gizi tidak lengkap, maka konsumsi suplemen bisa menjadi solusi. Juga jangan lupa perbanyak minum air putih saat sahur dan berbuka puasa.

Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan nutrisi selama puasa adalah dengan mengkonsumsi multivitamin atau suplemen kesehatan. Jenis suplemen yang dipilih pun tentu harus disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan tubuh.

Khusus di bulan puasa ini, Jovee memberikan alternatif suplemen khusus Ramadhan bagi masyarakat, yaitu multivitamin, habbatussauda dan sari kunyit (turmeric). 

Multivitamin dapat membantu memelihara kesehatan dan meningkatkan sistem imun dalam tubuh, kandungan mineral dari multivitamin juga membantu memaksimalkan antioksidan, sehingga dapat melawan radikal bebas.

Kemudian, habbatussauda memiliki manfaat sebagai anti-inflamasi dan antioksidan. Hal ini membantu mencegah kerusakan sel dan meningkatkan kerja sistem imun dalam tubuh untuk menangkal radikal bebas dari luar. 

"Jangan sampai wabah virus Covid-19 menghambat pelaksanaan puasa Anda. Ibadah harus tetap berjalan agar pahala terus mengalir di bulan penuh berkah. Berdoa, berusaha dan selalu berpikir positif akan menjaga kesehatan dalam pandemi Covid-19 ini," tambahnya.

Penulis : Romauli Gultom
Editor: Romauli Gultom
Berita Terkait