Menilik Dampak Wabah Covid-19 Terhadap Penyandang Disabilitas

Adi Adrian | 20 Mei 2020 | 12:01 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Tak dapat dimungkiri meluasnya wabah Corona Covid-19 di Tanah Air berdampak ke berbagai sektor industri dan seluruh lapisan masyarakat. Termasuk, saudara-saudara kita penyandang disabilitas. Salah satunya, tuna netra. Perwakilan DPW Ikatan Tuna Netra Muslim Indonesia (ITMI) Jawa Tengah, Hidayat, menjelaskan, imbauan untuk menghindari penularan virus Corona sejak pertengahan Maret 2020 membuat permintaan layanan jasa penyandang tuna netra turun drastis. Kondisi finansial mereka pun terguncang.

Keluhan ini direspons PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) dengan menyalurkan bantuan kepada penyandang tuna netra di beberapa kota di Jawa Tengah dan Sumatra. Bantuan diserahkan secara bertahap mulai 3 Mei 2020. Untuk penyaluran donasi di area Jawa Tengah, XL Axiata dan ITMI Jawa Tengah menyasar tiga kabupaten, yaitu Sragen, Boyolali, dan Grobogan. Pendistribusian bantuan disesuaikan dengan kebutuhan utama mereka yakni bahan makanan. Tak kurang dari 50 orang penyandang disabilitas di ketiga daerah ini menerima bantuan.

Di Sumatra, XL Axiata menggandeng Pewarta Foto Indonesia (PFI) Medan, Pekanbaru, dan Palembang untuk memberi bantuan bagi komunitas penyandang tuna netra melalui Persatuan Tuna Netra Indonesia (Pertuni). Bantuan untuk ketiga kota dialirkan pada Jumat (8/5/2020). Medan menerima 60 paket sembako, Palembang 75, dan Pekanbaru 65. XL Axiata dan PFI berharap paket sembako ini bermanfaat bagi anggota Pertuni dan keluarga.

“Pandemi beimbas terhadap sebagian besar masyarakat di Indonesia, tidak terkecuali saudara kita penyandang tuna netra. Penerapan physical distancing maupun stay at home berdampak pada berkurangnya bahkan hilangnya mata pencarian mereka. Sebagian besar mereka bekerja sebagai tukang pijat, pengamen, dan penjual makanan keliling,” terang Group Head Central Region XL Axiata, Rd. Sofia Purbayanti, melalui siaran pers yang kami terima, pekan ini.

Penulis : Adi Adrian
Editor: Adi Adrian
Berita Terkait