Payudara Sakit tanpa Sebab? Bisa jadi karena 6 Hal Ini

aura.co.id | 9 Juni 2020 | 04:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Rasa sakit pada payudara bisa jadi salah satu pertanda Anda menderita kanker payudara. Namun, bisa jadi pula rasa sakit itu hanya disebabkan aktivitas dan merupakan hal yang umum terjadi.

Kebanyakan wanita merasa sangat khawatir ketika muncul rasa sakit pada payudara mereka pertama kali. Menurut dokter spesialis ginekologi, Raquel B. Dardik, rasa sakit payudara cukup sering dan biasanya tidak membahayakan kesehatan. "Kemungkinan Anda tidak mengidap kanker," ujarnya.

Namun, jika Anda ragu tentang rasa sakit tersebut, Anda bisa segera berkonsultasi ke dokter. Perlu diketahui bahwa rasa sakit pada payudara bisa disebabkan oleh beberapa hal berikut:

1. Masa menstruasi

"Siklus rasa sakit pada payudara bisa muncul dan menghilang sesuai dengan siklus menstruasi Anda," tutur Dr. Raquel. Hal ini disebabkan oleh hormon dalam tubuh. Beberapa wanita lebih sensitif sehingga merasakan rasa sakit, sedangkan beberapa lainnya hanya mengalami rasa sakit beberapa kali atau bahkan tidak pernah. Biasanya akan timbul rasa sakit 7-10 hari sebelum masa menstruasi. Terkadang, beberapa wanita akan merasa payudaranya bengkak. Perubahan hormon yang terjadi pada masa kehamilan dan menopause juga bisa menimbulkan rasa sakit pada payudara.

2. Obat-obatan

Obat-obatan yang memengaruhi hormon seperti pil KB bisa menyebabkan rasa sakit pada payudara. Obat yang diresepkan kepada penderita tekanan darah tinggi, rambut rontok, ataupun jerawat juga bisa menimbulkan rasa sakit ini.

3. Bra

Dardik mengatakan ukuran bra yang salah juga bisa menimbulkan rasa sakit pada payudara. Sebabnya, kawat bra yang ukurannya tidak sesuai akan mendorong jaringan payudara Anda. Mereka yang memiliki payudara yang besar biasanya lebih sering mengalami rasa sakit ini. Untuk itu, selalu gunakan ukuran bra yang tepat terutama jika Anda memiliki payudara yang besar, seperti dilansir laman Refinery29.

4. Infeksi

Umumnya, infeksi payudara dialami wanita menyusui. Infeksi ini bisa timbul dalam jaringan payudara atau yang disebut mastitis. Dan juga bisa timbul jika aliran ASI tersumbat, sehingga bakteri menumpuk. Bagi wanita yang tidak menyusui, infeksi jarang terjadi. Kalaupun terjadi, biasanya disebabkan oleh kerusakan puting susu, misalnya akibat piercing. Segera konsultasikan ke dokter jika Anda mengalami infeksi payudara.

5. Olahraga

Dua otot dalam tubuh bisa menimbulkan rasa sakit pada payudara ketika Anda berolahraga. Yang pertama adalah otot pectoralis yang terletak di bagian bawah payudara. Olahraga seperti bench press misalnya, bisa menyebabkan rasa sakit pada otot ini. Atasi dengan beristirahat, kompres dengan es batu, dan konsumsi obat yang biasa dikonsumsi. Kedua adalah otot-otot kecil yang terdapat pada bagian tulang iga Anda. Jika otot-otot ini mengalami iritasi dan meradang, akan timbul rasa sakit pada bagian bawah dalam payudara. Biasanya rasa sakit ini akan hilang setelah Anda melakukan stretching dan mengonsumsi obat penghilang rasa sakit.

5. Kista

Normalnya, kista payudara tidak menimbulkan rasa sakit. Namun rasa sakit biasanya muncul karena kista menarik dan mendorong jaringan payudara. Kista umumnya tidak membutuhkan penanganan medis kecuali jika timbul rasa sakit dan membuat Anda tidak nyaman.

 

 

Penulis : aura.co.id
Editor: aura.co.id
Berita Terkait