Referensi Latihan Otot di Rumah dari Nawroz Yusofi

Ari Kurniawan | 19 Juni 2020 | 15:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Selama pandemi Covid-19, pusat-pusat kebugaram berhenti beroperasi. Tapi, bukan berarti olahraga jadi ikut terhenti. Terlebih, konsumsi makanan bisa jauh lebih tinggi selama karantina mandiri di rumah.

Personal trainer ganteng Nawroz Yusofi menyebut beberapa latihan yang bisa latihan di rumah, tanpa harus menggunakan alat.  

"Kita bisa latihan dengan memanfaatkan berat tubuh atau Body Weight Training, seperti push up, sit up, pull up, plank, dan squat," ujar Nawroz. Latihan-latihan tadi menyasar otot bokong, perut, otot deltoid, trisep, dada, dan tubuh total.

Satu hal yang perlu diingat, ketika kembali ke pusat kebugaran setelah masa karantina mandiri, porsi latihan tidak bisa begitu saja kembali ke semula. Perlu penyesuaian, agar otot-otot tidak cidera. 

"Karena otot-otot sudah sedikit renggang, jadi belum siap latihan berat seperti angkat beban. Harus tahap demi tahap, setidaknya satu minggu. Kalau sudah normal, baru bosa kembali ke porsi latihan awal," jelas pemilik Instagram @nawroz_yusofi itu.

(ari)

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait