Jaga Daya Tahan Tubuh di Fase New Normal, Ini Caranya

Adi Adrian | 9 Juli 2020 | 21:11 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Rabu (8/7/2020), total kasus infeksi Corona Covid-19 di Indonesia mencapai 68 ribu. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, memperpanjang masa transisi Pembatasan Sosial Berskala Besar hingga 16 Juli 2020. Masyarakat diminta bersiap menjelang fase new normal.

Pakar dari Departemen Pulmonologi dan Ilmu Kedokteran Respirasi FKUI dan RS Persahabatan Jakarta, Dr. Budhi Antariksa Ph.(D), Sp. P (K), menyebut yang terpenting saat ini, menaati protokol kesehatan. Mengingat, saat PSBB dilonggarkan, jumlah kasus positif Covid-19 melonjak signifikan. “Artinya, virus memang bermutasi makin banyak,” kata Budhi.

Selain pola makan sehat dan cukup istirahat, memperkuat daya tahan adalah kunci. Suplemen seperti immunomodulator dan multivitamin dibutuhkan karena vaksin Covid-19 hingga kini belum ditemukan.

Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia, DR (Cand) dr. Inggrid Tania, M.Si., menjelaskan immununomodulator merupakan zat atau substansi yang dapat memengaruhi sistem imun. Artinya, sistem tubuh diaktivasi dan dimodulasi. Immunomodulator terbagi dua, immunosupresan (berefek menekan) dan immunostimulan (meningkatkan respons imun).

“Saat tubuh butuh peningkatkan daya tahan, dibutuhkan immunomodulator yang bersifat immuno stimulan. Fungsinya, meningkatkan aktivitas sel-sel imun tubuh. Kemampuan sel makrofag dalam melakukan fagositosis terhadap bakteri atau virus. Juga ada aktivitas anti peradangan dengan menghambat enzim siklo-oksigenase. Kemudian stimulasi dengan meningkatkan produksi sitokin,” terang Inggrid dalam diskusi daring Imboost “Menyiapkan Kehidupan New Normal dengan Meningkatkan Daya Tahan Tubuh,” pekan ini.

VP Research and Development and Regulatory SOHO Global Health, DR. Raphael Aswin Susilowidodo, M.Si, menambahkan, immunomodulator yang baik mengandung ekstrak Echinacea pupurea yang mengatur sistem daya tahan tubuh sekaligus mencegah penyebaran infeksi serta zinc picolinate. Fungsinya, bekerja sinergis pada sistem imun tubuh. Imboost, yang diproduksi Soho Global Health mengandung keduanya ditambah kandungan ekstrak black elderberry untuk mencegah replikasi virus serta meningkatkan sistem imun tubuh.

“Ia meningkatkan produksi monosit, bagian darah putih yang menopang sistem imun tubuh, sehingga mempercepat proses penyembuhan bagi yang sakit karena infeksi virus,” terangnya. Imboost dari Soho mendapat izin edar BPOM dan telah mengawal kesehatan masyarakat Indonesia 20 tahun lebih. Produk ini terdiri Imboost Tablet, Force Kaplet, Force ES Kaplet, Force Cough, Kids Syrup, Force Kids Syrup, Tablet Iisap, Effervescent, dan Lozenges.

Penulis : Adi Adrian
Editor: Adi Adrian
Berita Terkait