3 Dari 10 Anak Indonesia Alami Stunting, Danone SN dan LIPI Lakukan Ini

Adi Adrian | 9 Juli 2020 | 21:23 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Danone Specialized Nutrition (Danone SN) Indonesia bersama Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menggelar riset untuk memproduksi produk suplementasi gizi Aitamie dan Probarz. Keduanya produk makanan terfortifikasi dari sumber daya dan diproduksi lokal.

Tujuannya, meningkatkan asupan gizi keluarga kurang mampu terutama anak-anak di fase pemulihan pandemi. Danone SN juga mengajak Foodbank of Indonesia mendistribusikan bantuan nutrisi gratis ini ke sejumlah anak yang terdampak wabah Covid-19.

Selama wabah Covid-19, isu nutrisi di Tanah Air mendapat sorotan. Apalagi, berdasarkan hasil Survei Status Gizi Balita Indonesia 2019, angka prevalensi stunting di Tanah Air 27,67 persen. Artinya, 3 dari 10 anak mengalami stunting. Angka ini di atas yang disyaratkan WHO yakni minimal 20 persen. Hal ini terungkap dalam diskusi daring “Kolaborasi Penelitian dan Teknologi untuk Mendukung Gizi Anak di Masa Pandemi,” di Jakarta, pekan ini. Corporate Communication Director Danone Indonesia, Arif Mujahidin, menyebut anak-anak adalah masa depan bangsa.

“Danone SN menggandeng berbagai pihak melakukan inisiatif menyediakan akses nutrisi bagi mereka yang membutuhkan. Salah satunya, kolaborasi dengan LIPI memproduksi dan mendonasikan produk nutrisi berkualitas berbasis sains yang sesuai kebutuhan masyarakat,” Arif menjelaskan.

Dalam kesempatan itu, Peneliti Madya Bidang Kepakaran Pangan dan Gizi, Pusat Penelitian Teknologi Tepat Guna, Dr. Ainia Herminiati, ST., M.Si., menyatakan masalah gizi anak salah satu dampak sosio-ekonomi wabah Covid-19.

“Ada 24 juta balita berisiko lebih tinggi mengalami kurang gizi atau gizi buruk selama wabah Covid-19. Dibutuhkan komoditas esensial kaya nutrisi untuk menyangga kebutuhan gizi anak minimal selama dua bulan,” urainya.

Probarz adalah snack bar terbuat dari pisang, susu, telur, dan bahan-bahan bebas gluten. Ia diformulasikan khusus untuk memenuhi kebutuhan anak selama wabah Covid-19. Aitamie adalah makanan berserat dan protein tinggi. Ia mengandung beta karoten, bebas bahan pengawet, tanpa pewarna sintetis.

Ia terbuat dari bahan lokal berkualitas tinggi seperti tepung jagung olahan, mocaf, tepung tempe, dan beras. Merespons pencapaian ini, Ainia, mengatakan, “Kami senang karena ikut berkolaborasi dengan Danone SN mengembangkan suplementasi gizi untuk meningkatkan gizi anak Indonesia.

Penulis : Adi Adrian
Editor: Adi Adrian
Berita Terkait