Wajah Sering Nyeri Seperti Tersengat Listrik, Waspadai Penyakit Ini

aura.co.id | 8 September 2020 | 10:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Jika Anda sering merasakan nyeri di bagian wajah secara spontan seperti tersengat listrik, waspadai gejala penyakit Trigeminal Neuralgia.

Trigeminal neuralgia merupakan sebuah kondisi medis dimana terjadi nyeri yang bersifat kronik (lebih dari 3 bulan) yang bersumber dari gangguan pada saraf trigeminal sehingga menyebabkan sensasi rasa nyeri di bagian wajah. 

Saat mengalami kondisi ini, stimulasi kecil di wajah seperti sentuhan, tersenyum atau aktivitas sehari-hari seperti menyikat gigi bahkan mengaplikasikan make up di daerah wajah, akan mencetuskan terjadinya rasa sakit yang luar biasa. 

Menurut dr. Mahdian Nur Nasution, SpBS, gejala awal yang sering terjadi pada pasien dengan trigeminal neuralgia adalah nyeri di wajah yang terjadi secara spontan dan dalam waktu yang singkat. 

"Trigeminal Neuralgia bisa menyebabkan rasa sakit atau nyeri yang luar biasa seperti sengatan listrik. Namun, masih banyak pasien yang tidak menyadarinya dan sering dikira sakit gigi," kata dr. Mahdian Nur Nasution, SpBS.

Ia menambahkan gejala dari Trigeminal Neuralgia diantaranya seperti nyeri spontan yang dipicu oleh hal-hal kecil seperti menyentuh wajah, mengunyah, berbicara atau saat sedang menggosok gigi. 

Nyeri tersebut bisa berlangsung beberapa detik hingga beberapa menit. Pada kondisi yang berat nyeri hadir setiap saat bahkan hingga berbulan-bulan yang dapat menimbulkan ketidaknyamanan penderitanya. 

"Umumnya terjadi di daerah wajah yang dilalui saraf trigeminal diantaranya di daerah pipi, rahang, gigi, gusi, bibir dapat juga terjadi nyeri di daerah sekitar mata dan dahi," jelas dr. Mahdian.

Jika dibiarkan, lanjutnya, kondisi ini lama kelamaan bisa berkembang lebih berat, dari sisi nyeri yang dialami pasien dan juga waktu serta intensitas munculnya nyeri. 

Penulis : aura.co.id
Editor: aura.co.id
Berita Terkait