5 Langkah Hindari Emotional Eating Saat Stres, Kita Coba Yuk!

Adi Adrian | 29 September 2020 | 02:45 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Wabah Corona Covid-19 yang terus meluas di Tanah Air memaksa kita beradaptasi dengan era kenormalan baru. Menjalani kebiasaan baru akibat pandemi memang tak mudah. Sangat mungkin, seseorang merasa tertekan alias stres setelah berbulan-bulan di rumah saja. Senior Director Worldwide Nutrition Education and Training, Herbalife Nutrition, Susan Bowerman menjelaskan respons alami tubuh terhadap stres membuat kita lebih aktif dan waspada. Patut diingat, respons terhadap stres yang aktif terus menerus membebani kekebalan tubuh.

Lama-lama, lebih sulit bagi tubuh untuk menangkal penyakit. Stres juga memicu kelelahan dan depresi. Pelarian yang mudah adalah makan. Saat ini ada baiknya memikirkan untuk mengganti pola makan serbacepat dan nyaman (yang seringkali sarat dengan lemak, garam serta gula) menjadi makanan sehat. Beralih ke kafein untuk menangkal kelelahan juga bisa jadi bumerang lantaran mengganggu tidur Anda,” terang Susan lewat siaran pers yang kami terima, pekan ini. Berikut 5 langkah untuk membantu Anda mengatur dan merespons stres.

Pertama, makan makanan seimbang. Masukkan beberapa protein tanpa lemak seperti unggas, telur, produk susu rendah lemak, daging tanpa lemak, ikan, kacang-kacangan atau kedelai pada daftar menu Anda. Protein memuaskan rasa lapar dan membantu Anda tetap waspada secara mental. Kedua, makan teratur. Jangan lewatkan waktu makan. Jika stres membunuh nafsu makan, cobalah makan makanan dalam jumlah sedikit lebih sering sepanjang hari. Ketiga, hindari makan sebagai pereda stres.

“Jalan cepat atau secangkir teh herbal mungkin berhasil mengurangi stres. Jika Anda perlu makan, makanan renyah membantu menghilangkan stres dengan melatih otot rahang yang kencang. Segenggam almon, misalnya,” Susan mencontohkan. Keempat, kurangi kafein. Ganti dengan minuman hangat lain yang membantu Anda rileks. Terakhir, pisahkan waktu makan dengan waktu bekerja atau sumber stres lain. Dengan begitu, Anda akan cenderung makan lebih sedikit dan menikmati momen bersantap.

Penulis : Adi Adrian
Editor: Adi Adrian
Berita Terkait