Sering Buang Air Kecil? Mungkin Ini Salah Satu Penyebabnya

aura.co.id | 10 Oktober 2020 | 06:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Beser atau keinginan untuk buang air kecil terus menerus pasti pernah Anda alami. Rasanya sangat mengganggu, namun biasanya kita pasrah karena tidak tahu penyebabnya dengan pasti.

Beser bisa disebabkan berbagai macam penyebab, mulai dari konsumsi obat-obatan diuretik (memicu produksi air seni) atau salah satu pertanda kehamilan akibat tekanan rahim pada kandung kemih.

Namun selain kedua penyebab tersebut, beser juga bisa disebabkan oleh beberapa gangguan kesehatan berikut:

Diabetes
Salah satu gejala diabetes tipe 1 maupun 2 adalah kebiasaan buang air kecil yang sering. Karena tubuh berusaha mengeluarkan glukosa yang tidak digunakan lewat urin seperti dikutip dari laman Boldsky.

Gangguan prostat
Prostat yang membesar akan menekan saluran kemih dari kandung kemih ke luar tubuh (uretra) dan menutup aliran urin. Akibatnya, kandung kemih berkontraksi sehingga menimbulkan keinginan untuk buang air kecil.

Sindrom Kandung Kemih (interstitial cystitis)
Gejalanya adalah timbulnya rasa sakit kandung kemih dan area tulang panggul. Akibatnya, meningkatkan keinginan untuk buang air kecil.

Stroke
Gangguan saraf yang menyuplai darah ke kandung kemih bisa memicu gangguan pada fungsi kandung kemih, salah satunya keinginan untuk buang air kecil.

Minum terlalu sedikit air
Seseorang yang takut beser, biasanya takut minum air. Padahal hal ini akan menyebabkan iritasi kandung kemih yang akhirnya memunculkan gejala beser.

Infeksi ginjal
Infeksi ginjal akan berimbas pada kandung kemih. Biasanya ini merupakan salah satu penyebab utama munculnya beser.

Jadi, jangan sepelekan kondisi tubuh Anda. Jika Anda sering mengalami beser, segera konsultasikan kepada dokter.

 

Penulis : aura.co.id
Editor: aura.co.id
Berita Terkait