Merugikan Kesehatan, 3 Jenis Bahan Makanan Ini Harus Dihindari

aura.co.id | 14 Oktober 2020 | 02:00 WIB

Makanan tertentu harus dihindari karena merugikan kesehatan. Antara lain:
 
Lemak-lemak trans
Studi-studi menunjukkan, lemak trans meningkatkan kadar kolesterol jahat LDL di dalam aliran darah. Laporan dari National Academies of Science menunjukkan, kita harus sama sekali menghindarinya.

TABLOIDBINTANG.COM - Saat ini, label lemak-lemak trans sudah dicantumkan pada sebagian makanan. Di tahun 2006, semua makanan diberi label ini. Coba kurangi intake makanan olahan yang cenderung punya kandungan tinggi partially hydrogenated fats, sumber utama lemak-lemak trans di dalam diet.  

Garam
Hubungan antara intake sodium dan tekanan darah tinggi sudah jelas. Makin banyak yang dimakan, semakin tinggi angka tekanan darah. Rekomendasi terkini dari Institute of Medicine mennjukkan, sodium harus dikurang sampai hanya 1.500 mg per hari.

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah singkirkan botol garam dari meja. Gunakan bahan lain untuk meningkatkan cita rasa. Antara lain bawang putih, lemon, dan paprika. Cermati jumlah sodium di dalam makanan olahan dan kemasan.  

Karbohidrat yang dihaluskan
Makanan yang terutama terbuat dari tepung putih tidak memberikan banyak nutrien sehat per kalori. Nutrien ini hilang selama proses penghalusan dan mungkin mempunyai tambahan vitamin atau mineral jika produk ini diperkaya. Juga kurang mengenyangkan dibanding padi-padian utuh yang lebih tinggi serat dan lebih tinggi protein.

Penulis : aura.co.id
Editor: aura.co.id
Berita Terkait