Mengenal Manfaat Daun Kelor, Meniran, dan Kunyit untuk Imunitas Tubuh

Adi Adrian | 21 Oktober 2020 | 09:19 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kala wabah Corona Covid-19 meluas di Tanah Air, masyarakat berlomba memperkuat daya tahan tubuh salah satunya dengan kembali ke herbal. Sejumlah tanaman herbal dilirik dan ditelusuri khasiatnya. Tanaman ini dipercaya mampu menunjang imunitas tubuh sehingga kuat menangkal serangan Corona Covid-19. Meniran, kunyit, dan daun kelor, misalnya. Nutritionist and Disease Prevention, Emilia Achmadi MS., RDN., mendefinisikan imunitas sekaligus manfaat sejumlah tanaman herbal.

Imunitas merupakan sistem pertahanan tubuh yang didesain untuk mendeteksi, melawan dan membunuh benda asing seperti virus serta bakteri. Memiliki imunitas yang baik tak sekadar melindungi diri sendiri tapi juga orang-orang terdekat yang kerap diajak berinteraksi. Dengan imunitas yang baik, maka tubuh seseorang tidak akan membawa virus yang dapat ditularkan ke orang terdekat. Imunitas bisa ditingkatkan dengan menerapkan gaya hidup sehat, yakni makan makanan bergizi seimbang, olahraga rutin, istrirahat cukup, dan jaga kebersihan diri.

 

“Konsumsi herbal berkualitas seperti meniran, daun kelor, dan kunyit terbukti efektif serta dipercaya turun menurun membantu meningkatkan daya tahan tubuh,” kata Emilia di gelar wicara virtual dan peluncuran Immusupport Herbana dari Deltomed Laboratories, pekan ini. Ia pun menjabarkan, meniran mengandung zat aktif flavonoid yang mengoptimalkan fungsi imunitas tubuh. Daun kelor kaya multivitamin, zinc, kalsium, zat besi, dan nutrisi lain untuk pembentukan sistem imun serta melawan infeksi virus maupun bakteri.

”Kunyit memiliki zat aktif kurkuminoid untuk menjaga kesehatan pencernaan dan antivirus. Kombinasi ketiganya jika dikonsumsi teratur akan bekerja efektif dalam mengoptimalkan mekanisme pertahanan tubuh,” imbuhnya. Dalam kesempatan itu, Herbana dari Deltomed Laboratories memperkenalkan Immusupport yang 100 persen diformulasikan dari ekstrak meniran, daun kelor dan kunyit. “Immusupport baik dikonsumsi anak usia 12 tahun ke atas dan dewasa sebanyak 2 kapsul setiap hari, dikonsumsi pada pagi hari sebelum beraktivitas dan sesudah makan,” terang Founder of Herbana, Jesslyn Rahardjo.

Penulis : Adi Adrian
Editor: Adi Adrian
Berita Terkait