Alat Uji Covid-19 AccuraDtect Beroleh Nomor Izin Edar di Indonesia

Adi Adrian | 23 Oktober 2020 | 00:09 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Hingga kini, pandemi Corona Covid-19 terus meluas. Wabah ini menjadi isu kesehatan global. Sejumlah negara mengembangkan riset demi menemukan vaksin untuk menahan laju wabah Covid-19. Tak terkecuali PT Daewoong Pharmaceutical Company Indonesia (DPCI), anak perusahaan Daewoong Pharmaceutical yang saat ini mengembangkan perawatan Covid-19. DPCI mengumumkan telah mendapat Nomor Izin Edar AccuraDtect SARS-COV-2 RT-qPCR, yaitu alat tes molekuler untuk Covid-19 di Indonesia pada 22 Oktober 2020.

“Seiring penyebaran Covid-19 di Indonesia yang makin parah, permintaan alat tes Covid-19 di setiap negara meningkat dengan pesat. Dengan diperolehnya izin edar ini, kami berharap penyediaan alat uji diagnostik PCR (Polymerase Chain Reaction) unggulan Korea ini dapat berkontribusi besar dalam membantu upaya Indonesia mengatasi pandemi Covid-19,” kata CEO DPCI, Sengho Jeon, melalui keterangan pers yang kami terima pekan ini.

AccuraDtect adalah alat uji molekuler Covid-19 yang akurat. Ia menyasar leader sequence. Umumnya ditemukan dalam sel yang terinfeksi selain gen N2 yang biasanya mendiagnosis seseorang terinfeksi Covid-19 atau tidak. Berdasarkan standar yang direkomendasikan WHO dan Pusat Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat, AccuraDtect menyasar tiga biomarker yang dapat mengidentifikasi keberadaan virus korona yaitu RdRp, E dan N2 serta dapat memberikan hasil hanya dalam waktu empat jam setelah uji sampel.

Alat uji ini dirancang untuk mengukur Ribonuklease (RNase) P yang dapat menentukan kesesuaian sampel dan bertindak sebagai penyebar infeksi dalam sel virus yang terinfeksi. Sehubungan dengan izin edar ini, Sengho Jeon mengatakan, pihaknya terus berupaya dalam menyediakan solusi total untuk mengatasi pandemi Covid-19. “Kami juga melanjutkan pengembangan obat Covid-19 Niclosamide dan Chamostat yang sedang kami lakukan,” imbuh Sengho Jeon. PT Daewoong Pharmaceutical Indonesia berencana bekerja sama dengan mitra lokal yang bertanggung jawab dalam distribusi AccuraDtect di Indonesia.

Penulis : Adi Adrian
Editor: Adi Adrian
Berita Terkait