95 Persen Lebih Penduduk Indonesia di Atas Usia 5 Tahun Kurang Makan Buah

Adi Adrian | 12 Desember 2020 | 07:36 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Wabah Covid-19 yang tak kunjung reda membuat PBB di Indonesia mengkhawatirkan status gizi anak-anak dari keluarga kurang mampu.

Berkaca pada data, sebelum pandemi Covid-19 datang, konsumsi buah dan sayur penduduk sangat rendah. Riset Kesehatan Dasar 2018 menyebut 95,5 persen penduduk di atas usia 5 tahun kurang makan buah dan sayur. Di masa pandemi, banyak keluarga terdampak secara ekonomi lalu tak bisa menyediakan buah untuk seluruh anggota keluarga. Karenanya, kampanye #SunprideBuatKebaikan hadir.

Dihelat mulai 22 Oktober hingga 7 Desember 2020, kampanye ini bagian dari peringatan ulang tahun Sunpride ke-25. Kampanye #SunprideBuatKebaikan menggandeng Yayasan Waroeng Imaji, ReachOut Foundation, dan Foodbank of Indonesia. Gerakan ini berbagi lebih dari 12 ton buah Sunpride untuk sekitar 32 ribu anak serta masyarakat yang membutuhkan di Jabodetabek, Surabaya, dan Yogyakarta. Data lain yang tidak kalah memprihatinkan, hasil survei Foodbank of Indonesia (FOI) pada Agustus 2020 di 14 titik menyebut, 27 persen balita ke sekolah dengan perut kosong dan tidak makan hingga siang hari.

“Di tempat lain, angkanya mencapai 40 hingga 50 persen. Untuk itu, FOI membuka akses pangan dan berupaya mencegah kelaparan dengan meningkatkan nutrisi anak. Buah dirasa makanan mewah untuk anak kita sehingga donasi Sunpride membuat mereka senang. Plus mendukung daya tahan tubuh anak di tengah pandemi,” terang CEO Foodbank of Indonesia (FOI), M. Hendro Utomo lewat siaran pers yang kami terima pekan ini.

Donasi hasil dari kampanye #SunprideBuatKebaikan, didistribusikan ke lebih dari 27 ribu anak. Founder Yayasan Waroeng Imaji, Veronica Tan menerangkan,

“Donasi dari kampanye #SunprideBuatKebaikan telah kami distribusikan ke 5.058 kepala keluarga yang berada di 7 rusun di Jakarta.” Ketujuh rusun itu yakni Rusun Daan Mogot, Rusun Jatinegara Barat, Rusun Pulogebang, Rusun Komarudin, Rusun Pondok Bambu, Rusun Pinus Elok, dan Rusun Rawabebek. “Buah dari Sunpride adalah gizi anak-anak dan keluarga mereka,” katanya.

Penulis : Adi Adrian
Editor: Adi Adrian
Berita Terkait