Cara Membuat Milk Bath ASI, Segini Takarannya

Wida Kriswanti | 9 Februari 2021 | 18:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Walau mandi dengan milk bath ASI memberi banyak manfaat kesehatan kulit bayi, sebagian ibu mungkin ragu melakukannya karena takut akan membuang-buang ASI yang berharga.

Jangan khawatir. Milk bath ASI bukan berarti memenuhi bak mandi bayi dengan ASI lalu merendam bayi di dalamnya. Milk bath ASI tetap dicampur air mandi hangat seperti biasa.

Seperti ini aturan pakainya seperti dilansir dari HealthLine.

1. Siapkan air mandi hangat bayi di dalam bak dengan volume disesuaikan usia bayi -- jangan sampai ada risiko bayi tak sengaja tenggelam.

2. Tuang ASI ke dalam air. Cukup sebanyak 150 - 300 ml atau kurang lebih satu botol susu. Jika tidak yakin soal takaran, cukup pastikan apakah air mandi sudah cukup terlihat putih. Jika terlalu bening, maka jumlah ASI yang dituang terlalu sedikit atau air mandinya yang terlalu banyak.

3. Rendam bayi di dalam milk bath ASI selama 5-15 menit. Basuh milk bath ke seluruh bagian tubuh bayi sambil diusap-usap atau pijat lembut.

4. Selesai mandi, angkat bayi lalu keringkan menggunakan handuk lembut dengan cara ditepuk-tepukkan.

5. Segera oleskan moisturizer khusus bayi untuk mengunci kelembapan dan khasiat ASI yang sudah meresap di kulit bayi.

6. Jangan lupa untuk mencium aroma tubuh si kecil yang akan membuat Anda makin gemas.

Jika Anda merasa khawatir stok ASI akan habis, Anda bisa memadukan milk bath ASI dengan ditambah sabun bayi. Selain itu, mandi milk bath ASI cukup dilakukan satu atau dua kali seminggu untuk bisa mendapatkan khasiatnya.

Cukup siapkan ASIP khusus mandi sebanyak satu atau dua botol untuk stok mandi setiap minggunya. Bekukan dalam freezer, gunakan saat dibutuhkan. ASIP beku masih sama berkhasiat, kok.

Penulis : Wida Kriswanti
Editor: Wida Kriswanti
Berita Terkait