Mengenal Echinacea Purpurea, Penunjang Imunitas Tubuh di Tengah Pandemi Covid-19

Adi Adrian | 10 Februari 2021 | 01:01 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Mewabah di Indonesia sejak Maret 2020, pandemi Covid-19 hingga kini belum bisa teratasi. Bahkan, jumlah kasus aktif infeksi Covid-19 di Tanah Air tembus sejuta. Masyarakat diminta waspada dengan menggunakan masker, cuci tangan pakai sabun, mengaplikasikan hand sanitizer, menjauhi kerumunan, jaga jarak, dan mengurangi mobilitas. Mengasup makanan bergizi, cukup tidur, dan jaga imunitas tubuh tak kalah penting. Tanaman herbal dipercaya mampu mendongkrak imunitas. Suplemen yang mengandung Echinacea Purpurea, misalnya.

Ketua PP Peralmuni, Prof. Dr. dr. Iris Rengganis, Sp.PD-KAI, menyebut, “Echinacea purpurea bermanfaat sebagai immunomodulator, yang mengatur kerja sistem imun tubuh. Echinacea purpurea mencegah infeksi, salah satunya infeksi saluran pernafasan atas dan bawah.”

Para ahli dari Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) membahas penggunaan Echinacea Purpurea di masa pandemi melalui webinar “Peranan Echinacea Purpurea di Pandemi Covid-19,” 19 September 2020. Sejumlah kesimpulan didapat.

Pertama, Echinacea purpurea sebagai imunomodulator yang membawa komponen sistem imun ke level yang dibutuhkan agar tubuh siap melawan infeksi. Kedua, pada Covid-19 terdapat berbagai modalitas terapi yang diberikan. Echinacea purpurea bisa diberikan sebagai salah satu modalitas, yaitu terapi preventif pada orang sehat atau terapi adjuvan dalam kasus tanpa gejala dan pasien gejala ringan. Ketiga, dosis Echinacea purpurea sesuai persetujuan BPOM sebesar 1.000 mg sekali sehari, selama 8 minggu atau sampai hasil swab negatif.

Salah satu suplemen yang mengandung Echinacea Pupurea, yakni Imboost. Direktur PT Soho Industri Pharmasi dan Vice President Research & Development, Regulatory and Medical Affairs Soho Global Health Tbk., Dr. Raphael Aswin Susilo W, ST, MSi, menjelaskan Imboost produk immunomodulator yang bekerja mengatur sistem imun tetap pada level optimal. Imboost mengandung ekstrak Echinacea Pupurea dan zinc picolinate.

Ada pula Imboost Force dengan kekuatan lebih dalam immunomodulator. “Ia mengandung ekstrak Blackelderberry yang menghambat replikasi virus serta menstimulasi peningkatan sistem daya tahan tubuh dengan meningkatkan produksi monosit, yaitu bagian darah putih yang menopang sistem daya tahan tubuh, sehingga mempercepat penyembuhan bagi orang yang sakit karena terinfeksi virus,” Aswin menjelaskan.

Penulis : Adi Adrian
Editor: Adi Adrian
Berita Terkait