Tak Sekedar Kenyang, Ini Alasan Pentingnya Sarapan Bergizi dan Kaya Serat

Romauli | 2 Maret 2021 | 11:31 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sarapan menjadi bagian penting untuk mengawali hari di pagi hari. Namun, tak sedikit masyarakat yang masih menganggap sarapan hanya sekedar mengisi perut hingga kenyang.

Umumnya menu yang dikonsumsi belum memenuhi kebutuhan sarapan bergizi yang seimbang dan mengandung serat.

Berdasarkan fakta bahwa 9 dari 10 Penduduk Indonesia kurang konsumsi serat. Padahal, sarapan sehat bergizi lengkap dan mengandung serat memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Diantaranya dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi harian, meningkatkan energi dan dapat berkonsentrasi lebih baik serta menjaga berat badan yang sehat, disamping itu pada saat ini kita tetap harus menjaga tubuh tetap sehat agar terhindar dari penyakit.

Hal itu juga dibenarkan oleh dr. Daeng M. Faqih, SH, MH, Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI).  Menurutnya, sarapan yang baik adalah sarapan sehat bergizi dan mengandung serat. Di Indonesia masih banyak masyarakat yang masih kekurangan serat, padahal serat  sangat penting, karena memiliki berbagai manfaat untuk tubuh, khususnya pada saat sarapan. 

"Sarapan dengan serat dapat membuat tubuh merasa cukup mendapat asupan, sehingga tidak mudah lapar dan  cenderung tidak makan berlebihan. Untuk itu, sarapan yang baik merupakan awal penting untuk menjalani hari yang produktif dengan penuh semangat, menjaga berat badan yang sehat, dan dapat berkonsentrasi dengan baik,” ujar dr. Daeng M. Faqih, SH, MH dalam diskusi media, belum lama ini.

Kebutuhan serat bagi tubuh sangatlah penting, khususnya saat sarapan. Serat memberikan banyak manfaat bagi tubuh diantaranya hasil metabolit serat dapat meningkatkan penyerapan mineral penting, menstimulasi sel kekebalan tubuh (meningkatkan imunitas) serta dapat meningkatkan kemampuan kognitif (meningkatkan fokus dan meningkatkan daya ingat). 

Sementara itu, Ketua Umum PERGIZI Pangan Indonesia, Prof. Dr. Hardinsyah, MS, menambahkan bahwa sarapan bergizi, berserat dan sehat penting dilakukan setiap hari. Melewatkan sarapan apa lagi bagi anak sekolah membuat tubuh menjadi lesu, tidak bersemangat dan ceria serta sulit berkonsentrasi sehingga membuat tidak produktif.

"Sarapan bergizi dan berserat menghasilkan berbagai manfaat untuk tubuh, salah satu manfaat sarapan berserat adalah baik untuk pencernaan dan juga memberikan efek kenyang lebih lama. Karena itu, mengkonsumsi sarapan bergizi, berserat dan sehat setiap hari adalah modal penting agar tubuh sehat dan siap beraktivitas," jelas Prof. Dr. Hardinsyah, MS.

Melihat kesadaran masyarakat yang masih rendah tentang kandungan sarapan bergizi lengkap dan mengandung serat inilah yang mendasari Energen sebagai produk sereal susu untuk terus memperlihatkan komitmennya secara berkelanjutan mendukung pemenuhan gizi masyarakat Indonesia khususnya saat sarapan sebelum memulai hari. 

Dalam rangka memperingati Pekan Sarapan Nasional yang jatuh pada tanggal 14 – 20 Februari 2021 dan menyambut Hari Sereal di bulan Maret 2021, Energen merangkul kesadaran masyarakat dalam membiasakan sarapan sehat bergizi dan mengandung serat, dalam kampanye yang bertajuk ‘Segelas Energen Sereal Kaya Serat Setiap Hari, Agar Badan Sehat, Siap Beraktivitas’. 

Penulis : Romauli
Editor: Romauli
Berita Terkait