Cara Mengurangi Sakit Telinga pada Bayi Saat Berada dalam Pesawat

Rizki Adis Abeba | 11 Februari 2019 | 20:10 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Perbedaan tekanan udara di atas udara membuat bayi bisa menangis di sepanjang perjalanan dengan pesawat terbang. Namun ada cara untuk membantu bayi Anda terhindar dari rasa tidak nyaman di telinga akibat perubahan tekanan udara di pesawat.

Dr. Simon Baer, dokter ahli THT asal Inggris memberikan tiga cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menghindari tangisan bayi di pesawat. “Ada tiga cara yang dapat membantu (mencegah bayi menangis di pesawat), antara lain memastikan bayi terjaga saat lepas landas dan mendarat, menyusui bayi saat lepas landas dan mendarat, dan menghindari perjalanan dengan pesawat terbang ketika bayi sedang mengalami infeksi pernapasan bagian atas,” ungkap Simon Baer.

Gordon Harrison, kepala audiologi di jaringan retail optik dan pendengaran Specsavers di Inggris menambahkan, cara termudah untuk membantu mengurangi tekanan di telinga adalah dengan sebanyak mungkin memasukkan udara ke dalam rongga mulut dengan menguap atau menelan. Pastinya tidak mudah diterapkan ketika Anda berhadapan dengan bayi yang sedang menangis histeris. Untuk itu Gordon Horrison menyarankan agar Anda memberikan botol minuman, pacifier, atau menyusui bayi sebanyak mungkin terutama pada saat lepas landas dan mendarat.

“Namun yakinlah bahwa rasa sakit (di telinga bayi) itu hanya sementara saja,” kata Gordon Harrison. “Itu tidak akan menyebabkan masalah berkepanjangan dan kebanyakan akan hilang dalam beberapa menit setelah saluran eustachius kembali menyeimbangkan tekanan udara di kedua sisi gendang telinga,” pungkas Gordon Harrison. 

(riz / wida)

Penulis : Rizki Adis Abeba
Editor: Rizki Adis Abeba
Berita Terkait