Anak Tidak Suka Sayur, Ini yang Harus Dilakukan Orang Tua

aura.co.id | 1 Desember 2020 | 03:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Tak jarang para orang tua mengeluhkan anaknya yang tidak tertarik mengonsumsi buah dan sayuran. Penyebabnya, menurut psikolog keluarga, Ayoe Sutomo bisa jadi multifaktor, salah satunya adalah orang tua tidak mengenalkan dan menerapkan kebiasaan mengonsumsi buah dan sayuran.

"Ketika anak masih kecil atau balita, mereka adalah peniru ulung. Apa yang mereka lihat, akan mereka tiru. Maka jika ingin anak mengonsumsi buah dan sayuran, orang tua juga harus mengenalkan dan mengonsumsi buah dan sayuran juga," ujar Ayoe Sutomo.

Orang tua bisa mengenalkan buah dan sayuran secara perlahan kepada anak dan dalam jumlah yang sedikit. Jika anak tetap menolak, Ayoe mengingatkan untuk tidak memaksa anak makan buah dan sayuran. Menurutnya anak bisa mengalami trauma dan bahkan tidak mau mengonsumsi buah dan sayuran seumur hidup.

"Jangan paksa anak kalau dia tidak mau makan buah dan sayuran. Atasi dengan mengajak anak melakukan sesuatu yang menyenangkan, misalnya dengan bercerita atau memasak. Makan bersama juga bisa diterapkan karena bisa menciptakan emosi yang positif," imbuh psikolog yang praktik di Klinik Citra Ardhita Medifarma ini.

Orang tua, sarannya, bisa menyembunyikan buah dan sayuran tersebut dalam berbagai kreasi makanan yang menarik dari segi rasa dan tampilan. Setelah memasuki usia remaja, orang tua bisa mengajak anak berdiskusi dan menanamkan konsep bahwa sehat itu keren.

"Memasuki masa pubertas, anak biasanya sadar akan citra tubuhnya (body image). Orang tua bisa membujuk anak untuk mengonsumsi buah dan sayuran dengan menjelaskan manfaat buah dan sayuran. Misalnya dengan, 'Kak, kalau makan sayur kulitnya bisa mulus, lo.' Ciptakan konsep bahwa sehat itu keren," beritahu Ayoe.

Jika cara tersebut tidak berhasil, orang tua bisa mengganti buah dan sayuran dalam bentuk lain, seperti jus atau minuman buah lainnya. Namun, jangan lupa mengawasi kadar gula dalam minuman tersebut.

Agar tidak timbul anak yang tidak suka buah dan sayuran, Ayoe menyarankan untuk mengenalkan buah dan sayuran sedari dini kepada anak.

"Ketika mengenalkan anak dengan berbagai jenis makanan, bagi anak semua rasa makanan itu enak. Jadi ketika dia dikenalkan dengan buah dan sayuran, dia akan merasa buah dan sayuran itu enak. Oleh karenanya penting mengenalkan buah dan sayuran kepada anak sejak dini, bahkan ketika ibu mengandung, dengan rutin mengonsumsi buah dan sayuran," tutup Ayoe.

Penulis : aura.co.id
Editor: aura.co.id
Berita Terkait