Tak Perlu Kamera Mahal, Begini Kiat Menghasilkan Foto Instagram yang Cantik

Wayan Diananto | 9 Januari 2020 | 18:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Foto kece jadi hal wajib buat Anda yang hobi memperbarui foto di Instagram. Tak punya kamera canggih, tak masalah. Hanya bermodalkan kamera telepon pintar, koleksi foto di Instagram tetap bisa memesona kok. Salah satunya dengan aplikasi foto.

Namun Anda harus selalu ingat, aplikasi edit foto hanya sebagai tambahan atau alat bantu. Untuk mendapatkan foto yang bagus, usahakan untuk menguasai beberapa trik berikut. Supaya Anda bisa memperoleh foto yang natural dan tak bergantung dengan aplikasi edit foto.

Pencahayaan

Selain angle, pastikan terlebih dulu tempat dimana Anda akan memotret punya pencahayaan yang pas. Buang pemikiran foto yang gelap bisa diperbaiki dengan aplikasi edit foto. Ingat, aplikasi akan sulit membuat foto tampak terang alami. Belum tahu kapan waktu cahaya terbaik? Mulailah dengan memotret di pagi hari sebelum matahari terbit dan di kala matahari akan terbenam. Dua momen ini akan menghindari bayangan foto yang tampak tajam atau foto yang tampak terlalu terang ketika memotret di cuaca terik. Sisanya, tinggal maksimalkan sedikit cahaya, kontras, dan ketajaman foto dengan bantuan aplikasi edit foto.

Menciptakan Skala

Kumpulan foto pemandangan dan bangunan indah memang sedap dipandang mata. Namun foto akan tampak lebih hidup dengan menambahkan elemen orang di dalam foto. Terutama jika ingin memperlihatkan betapa tinggi atau luasnya suatu tempat. Contohnya, memotret seseorang yang tengah berada di kaki gunung. Silakan mencoba berbagai pose tapi pastikan sesuai dengan latar belakang foto.

Tripod Mini

Swafoto termasuk salah satu agenda rutin ketika liburan. Agar swafoto lebih sempurna, selalu bawa tripod mini kala berlibur apalagi kalau Anda berlibur sendirian. Tripod akan membuat hasil foto tampak konsisten ketika Anda memotret berulang kali. Anda juga lebih leluasa mengambil potret diri berulang kali tanpa perlu meminta bantuan orang lain. Waktu hitung mundur pada kamera juga akan membantu Anda mengatur pose yang terbaik.

Kreatif Berpose

Berfoto di tempat bersejarah atau terkenal boleh-boleh saja. Tapi pastikan pose Anda kreatif supaya siapapun yang melihat foto itu terkesan. Bayangkan saja, ada berapa banyak foto pose seolah bersandar pada menara Pisa di Italia atau menara Eiffel di Prancis yang beredar di Instagram? Coba ganti pose biar foto Anda tampak beda. Misal, berfoto sambil memegang benda kecil di depan menara Eiffel yang menjulang tinggi. Tujuannya untuk menciptakan efek dramatis pada foto.

Foto yang Bercerita

Foto yang bagus adalah foto yang bercerita. Agar foto tampak bercerita, arahkan objek foto Anda untuk berpose natural layaknya tidak ada kamera. Misalnya, siluet duduk berangkulan dengan sahabat Anda di bawah sinar bintang. Foto ini akan menciptakan kedekatan bagi mereka yang melihatnya. Cara lain, bisa dengan mengambil foto secara spontan (candid). Mulai dari orang yang berada di sekeliling sampai interaksi warga lokal yang khas ketika mengunjungi lokasi liburan tertentu.

Minimalkan Mengedit Foto

Foto akan tampak tidak natural jika terlalu banyak diedit. Usahakan hanya memoles unsur-unsur tertentu agar foto tampak lebih jelas. Sebelum mengedit foto, ingat kembali pesan yang ingin ditampilkan pada foto tersebut. Pesan yang sama ketika Anda mengambil foto tersebut supaya koleksi foto tampak konsisten. Setelahnya, tulis caption yang unik dan sesuai dengan foto. Pendek atau panjang, caption foto sebaiknya melibatkan pengikut Anda di Instagram. Jangan lupa sematkan tanda pagar unik untuk mengelompokkan foto-foto liburan Anda.

 

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait