Kiat Menyimpan Roti agar Lebih Awet: Dalam Wadah Kedap Udara

aura.co.id | 13 September 2020 | 06:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Roti menjadi salah satu pilihan pangan masyarakat Indonesia. Selain mempertahankan rasa kenyang lebih lama, roti praktis disantap. Menurut Departemen Pertanian dan Pangan Amerika Serikat, roti basi ditandai dengan tekstur roti yang mengering dan aroma yang tidak sedap lagi.

Sementara itu, berdasarkan penelitian Studi Pangan Universitas Nebraska-Lincoln, AS, mikroorganisme seperti jamur roti dapat tumbuh dengan baik di tempat dengan suhu kamar yakni sekitar 20-25 derajat Celsius. Lantas, bagaimana cara menyimpan roti yang baik agar lebih awet? Berikut salah satu cara yang bisa dilakukan. 

Kala menyimpan roti, Anda harus memperhatikan suhu dan kelembapan udara. Jika udara terlalu lembap, roti rentan berjamur. Oleh karenanya, paling baik menyimpan roti dalam wadah kedap udara.

Tujuannya pertama, mencegah agar kandungan air dalam roti tidak menguap dengan mudah. Kedua, wadah roti yang tertutup mencegah spora jamur, yang bisa menyebar lewat udara, menempel pada roti. Maka roti yang disimpan dalam wadah kedap udara bisa bertahan satu hingga dua minggu lamanya. Namun Anda juga perlu memperhatikan tanggal kedaluwarsa yang tercantum pada kemasan. 

Penulis : aura.co.id
Editor: aura.co.id
Berita Terkait