4 Cara Mencegah Tikus Masuk Rumah

aura.co.id | 19 September 2020 | 07:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kesan jorok hingga kumuh seketika muncul saat melihat tikus berkeliaran di dalam rumah. Di samping itu, penghuni juga harus memburu, membuang tikus, lalu membersihkan semua perabot atau bahkan membuang makanan yang sudah dijamahnya. Ini penting dilakukan mengingat tikus umumnya tinggal di tempat kotor. Sehingga, mereka mampu membawa bakteri atau kuman penyakit.

Mengingat dampak yang ditimbulkan terlalu berisiko, ada baiknya penghuni mencegah agar tikus tidak masuk ke dalam rumah. Nah, berikut adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan agar rumah terbebas dari hewan tersebut.

Selalu Menutup Pintu Kembali
Setelah masuk atau keluar rumah, sebaiknya pintu langsung ditutup kembali. Jangan biarkan lama terbuka. Sebab selain digunakan oleh tamu atau penghuni rumah, pintu juga jadi akses masuk hewan liar seperti tikus. Jangan biarkan pintu utama jadi akses favorit tikus untuk keluar-masuk ke rumah kita.

Periksa Pipa
Tikus menyukai jalur pipa yang panjang dan memiliki celah. Uniknya, tikus seperti memiliki insting bahwa pipa tersebut akan menyambung ke dalam rumah. Untuk itu, periksa pipa pada sink wastafel, pipa air, dan pipa pengantar air hujan. Bila perlu, pasang jaring agar tikus tidak bisa melintas.

Tutup Jendela di Malam Hari
Tikus merupakan hewan yang aktif di malam hari. Maka itu, ada baiknya untuk menutup jendela pada waktu tersebut. Sebab sangat dimungkinkan tikus masuk ke rumah melalui jendela yang terbuka. Kalaupun harus dibuka, siasati dengan memasang saringan udara pada jendela.

Gunakan kloset duduk
Jika masih memasang kloset jongkok di kamar mandi, cobalah menggantinya dengan model duduk. Soalnya, desain kloset ini memiliki tutup bagian atas yang bisa digunakan untuk menghalau tikus masuk dan keluar dari sana.

Penulis : aura.co.id
Editor: aura.co.id
Berita Terkait