Tak Sehat, Jangan Lakukan 6 Hal Ini di Kamar Mandi!

HOME.CO.ID | 20 September 2020 | 20:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kamar mandi merupakan sebuah tempat untuk membersihkan diri dan melepaskan penat dari aktivitas seharian yang melelahkan. Maka dari itu penghuni rumah wajib menjaga kenyamanan dan juga kebersihannya. Namun sayangnya, terkadang ada beberapa kebiasaan kita yang tanpa disadari berpotensi merusak kenyamanan, kebersihan, dan bahkan membuat kamar mandi jadi tidak sehat.

Berikut 6 hal yang tidak boleh Anda lakukan di kamar mandi agar teteap bersih dan nyaman:

1. Menumpuk pakaian kotor
Sebaiknya selalu tempatkan keranjang di area luar kamar mandi. Karena, jika Anda menempatkannya di dalam kamar mandi, maka tumpukan baju kotor tersebut akan cenderung lembab yang akhirnya dapat memicu tumbuhnya bakteri dan nyamuk.

2. Menjemur handuk
Sering kali kita terlalu malas untuk menjemur handuk pada tempatnya. Alhasil, handuk hanya disampirkan pada gantungan di dalam kamar mandi. Tanpa disadari hal ini berpotensi buruk. Selain dapat membuat ruang lembap dan berbau apak, berpotensi juga menimbulkan jamur dan bakteri. Ini bisa berbahaya bagi kesehatan Anda. Jamur yang menempel pada tubuh dapat menyebabkan infeksi kulit, seperti gatal-gatal dan jamuran.

3. Buang air kecil di lantai kamar mandi
Bagi Anda yang memiliki tipe kamar mandi basah, mulai saat ini biasakan untuk selalu buang air kecil di toilet. Buang air kecil di lantai kamar mandi, meski di bawah aliran pancuran dapat memicu menempelnya bau tak sedap pada lantai kamar mandi. Saat lantai kering bau tersebut akan menguap memenuhi ruang kamar mandi.

4. Merokok
Mulai saat ini, lebih baik kurangi kebiasaan merokok di dalam kamar mandi. Karena asap rokok yang terperangkap di dalam kamar mandi akan menimbulkan bau pengap yang akan mengganggu indera penciuman, sistem pernapasan, dan tentu saja merugikan orang lain yang akan menggunakan kamar mandi setelah Anda. Bahkan bagi mereka yang tidak terbiasa dengan sisa asap dan bau rokok, dapat menyebabkan sesak dada.

5. Membiarkan keset basah
Sebaiknya, selalu ganti keset kamar mandi setiap dua hari sekali, jika Anda memiliki tipe kamar mandi kering di rumah. Karena, keset yang dibiarkan terlalu lama akan menjadi basah dan lembap, sehingga menimbulkan bau apek serta membuat suasana menjadi tidak nyaman. Selain itu, keset basah juga berpotensi menjadi tempat tumbuhnya jamur dan bakteri.

6. Memasang Wallpaper
Mendekorasi dinding dengan wallpaper memang akan mempercantik tampilan ruang. Namun tidak jika Anda memasangnya di kamar mandi. Perlu Anda ketahui, pemasangan wallpaper pada kamar mandi sangat tidak disarankan karena dapat meningkatkan risiko tumbuhnya lumut pada dinding kamar mandi.

Penulis : HOME.CO.ID
Editor: HOME.CO.ID
Berita Terkait