Larangan Mengiris Bawang Pakai Pisau Tumpul: Bikin Nangis Bombai!

Wida Kriswanti | 2 Maret 2021 | 18:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Jika seorang chef melulu menangis setiap kali memotong bawang, bisa terbayang betapa terhambatnya proses masak memasak di dapur restoran. Faktanya, chef tidak sampai nangis bombai saat memotong bawang, karena pisau miliknya dijamin lebih tajam dibanding pisau kebanyakan yang ada di dapur rumah kita.

Loh, apa hubungannya perbedaan ketajaman pisau terhadap perbedaan tingkat tangisan akibat bawang?

Dilansir dari Eat This Eat That, pisau yang kurang tajam memang bisa membuat gas dari bawang menguap lebih banyak dan lebih cepat. Pisau yang kurang tajam juga menyebabkan gerakan menekan kuat-kuat yang membuat daging buah bawang makin hancur kasar dan gas makin menguap agresif.

Sedangkan pisau super tajam yang biasa dimiliki chef, akan membuat proses memotong bawang lebih halus, tanpa banyak upaya (effortless), dan lebih cepat. Irisan yang tegas dan tajam juga membuat dinding sel pada bagian membran bawang tidak hancur hingga tidak sempat mengeluarkan gas.

Jika pisau super tajam tidak ada di rumah Anda, maka cara yang bisa ditempuh untuk mengurangi efek gas air mata bawang adalah dengan cara menggantung kertas handuk basah di leher selama proses memotong bawang. Sudah pernah mencobanya?

Penulis : Wida Kriswanti
Editor: Wida Kriswanti
Berita Terkait