Pemakaman Ratu Elizabeth II di Westminster Abbey Sore Ini yang Pertama Sejak Raja George II pada 1760

Indra Kurniawan | 19 September 2022 | 07:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Setelah beberapa hari peti matinya dibaringkan di Westminster Hall sejak Rabu (14/9), pemakaman Ratu Elizabeth II akan diadakan di Westminster Abbey di London pada Senin (19/9) pukul 10.00 waktu setempat atau pukul 17.00 ​​WIB.

Lokasi tersebut meninggalkan kesan mendalam bagi Ratu. Di situlah dia menikahi Pangeran Philip 75 tahun yang lalu. Di situ pula penobatannya digelar pada 1953.

Pemakaman Ratu di sana melanggar tradisi berabad-abad. Ini upacara pemakaman pertama bagi seorang raja yang diadakan di Westminster Abbey sejak Raja George II pada 1760, yang kemudian diadakan di Windsor. Namun, Putri Diana dan Ibu Suri dimakamkan di sana masing-masing pada 1997 dan 2002.

Pemilihan Westminster Abbey diperkirakan atas pilihan Ratu sendiri. Menurut laporan, Kota London dianggap lebih baik untuk menampung lebih banyak orang. Prosesi tersebut melansir Sky News akan melibatkan total sekitar 6 ribu perwakilan dari ketiga Angkatan bersenjata.

Anggota Angkatan Laut akan menarik kereta meriam yang akan membawa peti mati Ratu ke Westminster Abbey. Ini mengikuti tradisi yang ditetapkan pada pemakaman Ratu Victoria pada 1902, ketika kuda dan sekelompok pelaut dikomandoi untuk mengangkut kereta melalui jalan-jalan Windsor.

Pemakaman akan dipimpin oleh Dekan Westminster Dr David Hoyle sementara khotbah akan dibawakan oleh Uskup Agung Canterbury Justin Welby, yang juga akan memberikan pujian-pujian. Uskup Agung York, Kardinal Uskup Agung Westminster, Moderator Majelis Umum Gereja Skotlandia, dan Moderator Gereja Free akan mengucap doa.

Paduan Suara Westminster Abbey dan His Majesty's Chapel Royal, St James's Palace akan tampil di bawah arahan James O'Donnell, Organis Abbey dan Master of the Choristers.

Menjelang akhir upacara, sekitar pukul 11.55 waktu setempat, Last Post akan berbunyi, diikuti dengan mengheningkan cipta selama dua menit di seluruh Inggris Raya. Lagu kebangsaan akan dimainkan dan akan ada ratusan pada penutupan kebaktian sekitar tengah hari. Peti mati akan diikuti oleh Raja, Permaisuri, dan anggota Keluarga Kerajaan.

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait