Perkembangan Vaksin Covid-19 Diharapkan Pulihkan Ekonomi Global

Adi Adrian | 5 Januari 2021 | 05:51 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Hadirnya tahun 2021 memberikan harapan baru bagi masyarakat dunia, termasuk Indonesia. Januari 2021 misalnya, vaksin untuk menanggulangi infeksi Covid-19 mulai didistribusikan ke seluruh provinsi di Indonesia. Diharapkan, vaksin Covid-19 memberikan harapan baru terhadap ekonomi global yang tengah limbung. Ini terungkap dalam presentasi laporan yang berjudul “DBS 1Q21 CIO Insights,” Senin, 4 Januari 2021.

Hadir sebagai narasumber DBS Chief Investment Officer, Hou Wey Fook. Pada kesempatan itu, Hou Wey Fook, menyebut, “Tahun 2020 sangat menantang. Pandemi Covid-19 yang terjadi sekali dalam seabad dibarengi penuruan ekonomi global adalah hal yang tidak biasa.” Dengan kebijakan pelonggaran (QE) yang suportif dari Federal Reserve, Indeks saham global yang jatuh sekitar 35 persen dari puncaknya di awal tahun malah mencatat peningkatan sebesar 14 persen di akhir tahun (per 10 Desember 2020).

Selain itu, peningkatan harga obligasi korporasi memicu penurunan tingkat credit spread. DBS CIO melihat ada perkembangan positif pada 2021. Perkembangan vaksin yang baik memberi harapan ekonomi global kembali pulih. “Ini terlihat dengan adanya pemulihan pendapatan korporasi pada 2021 akibat berkurangnya kebijakan penutupan wilayah serta adanya pembukaan wilayah secara perlahan,” imbuh Hou Wey Fook.

Fakta lain yang melegakan, kebijakan stimulus dari pengeluaran fiskal dan suku bunga riil yang negatif mendukung pemulihan perekonomian. DBS CIO menyarankan masyarakat tetap berinvestasi dengan Barbell Strategy, di mana berfokus pada dua hal yakni pertumbuhan nilai aset dan pendapatan. Portofolio Barbell telah mencatat pertumbuhan sebesar 17 persen, lebih tinggi 6 persen dari indeks sebelumnya yang terdiri 50 persen saham global dan 50 persen obligasi global (per 10 Desember 2020). 

Penulis : Adi Adrian
Editor: Adi Adrian
Berita Terkait