Doddy Sudrajat akan Bongkar Makam Vanessa Angel, Gus Miftah : Itu Tidak Dibenarkan

Ari Kurniawan | 12 Februari 2022 | 23:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Meski mendapat tentangan dari banyak pihak, Doddy Sudrajat bersikukuh memindahkan makam Vanessa Angel. Niat tersebut bakal direalisasikan Doddy setelah 100 hari meninggalnya almarhumah.

Bukan hanya masyarakat biasa, kalangan ulama juga menyayangkan keputusan Doddy Sudrajat. Salah satunya pendakwah kondang Miftah Maulana Habiburrahman atau biasa disapa Gus Miftah.

Pemilik pondok pesantren Ora Aji, Sleman, itu mengatakan pemindahan makam hanya karena mimpi atau wasiat tidak dibenarkan menurut syariat Islam.

“Bahkan imam dari empat mazhab itu semua mengharamkan,” ujar Gus Miftah, kepada wartawan.

Ada banyak persyaratan yang harus dipenuhi sebelum memongkar dan memindahkan makam, baik dari hukum positif maupun hukum Islam.

“Secara administrasi saja ribet, apalagi secara syariat. Ketika seseorang ingin memindahkan mayat yang bisa menyebabkan patah tulang atau retak karena diangkat, maka kita telah mencederai kehormatan mayit tersebut,” paparnya.

Doddy Sudrahat awalnya mengatakan pemindahan makam merupakan permintaan Vanessa Angel sendiri yang datang lewat mimpinya. Namun, belakangan Doddy menyebut pemindahan makam dilakuman untuk memenuhi wasiat almarhumah yang diungkapkan semasa hidup.

Gus Miftah menyebut alasan yang disampaikan Doddy Sudrajat tidak cukup kuat. Jika dipaksakan, ia merasa kasihan pada almarhumah.

“Memindahkan makan cuma karena alasan itu juga tidak dibenarkan. Karena lebih lanjut memindahkan makam itu bisa melanggar kehormatan si mayit,” tuturnya.

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait