Dalang Ki Manteb Soedharsono Meninggal, Soimah Menangis

Supriyanto | 2 Juli 2021 | 12:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Dalang wayang kulit legendaris Ki Manteb Soedharsono meninggal dunia pada Jumat (2/6) pukul 09.45 WIB. Dalang yang populer dengan jargon Pancen Oye itu menghembuskan napas terakhir di usia 72 tahun.

Kabar duka tersebut diketahui dari pesan berantai yang diterima wartawan. Sampai sekarang belum diketahui pasti apa penyebab meninggalnya sang dalang. 

"Innalillahi wainna ilaihi rojiun, sudah dipanggil Allah SWT almarhum Ki Manteb Soedharsono (Dalang Manteb) pukul 09.45 WIB," bunyi pesan yang diterima wartawan.

Berita meninggalnya Ki Manteb Soedharsono juga dibagikan oleh artis Soimah melalui akun Instagram miliknya. Ia memajang foto Ki Mantteb serta menyampaikan rasa dukanya dengan bahasa Jawa.

"Sugeng tindak pak Mantep, mugi Husnul Khatimah," ungkap Soimah di akun @showimah dengan emoji menangis.

Dalang Ki Manteb Sudharsono lahir di Palur, Mojolaban, Sukoharjo, 31 Agustus 1948. Oleh penggemarnya Ki Manteb dijuluki sebagai Dalang Setan karena keterampilannya memainkan wayang kulit. Tak hanya itu, dia juga dianggap sebagai pelopor perpaduan seni pedalangan dengan peralatan musik modern.

Selamat jalan Ki Manteb.

(pri)

Penulis : Supriyanto
Editor: Supriyanto
Berita Terkait