Bagaimana Nasib Akun Instagram Orang yang Sudah Meninggal?

Binsar Hutapea | 12 Juni 2017 | 08:30 WIB


Julia Perez meninggal dunia pada Sabtu (10/6) siang di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat. Julia Perez dikuburkan di TPU Pondok Ranggon, Cibubur, Jakarta Timur pada hari yang sama.

TABLOIDBINTANG.COM - Semasa hidupnya, Julia Perez adalah seleb yang aktif di sosial media. Selain Twitter, Julia Perez juga bermain Instagram. Di Instagram, Julia Perez termasuk figur yang populer. Buktinya, Julia Perez memiliki 13 juta followers. Nah, karena sudah meninggal, bagaimana nasib akun Instagram Julia Perez yang beralamat di @juliaperrezz?

 

Jika ternyata keluarga ingin menghapus akun Instagram seseorang yang sudah meninggal, dapat mengajukan permintaan penghapusan akun orang yang dicintainya dari Instagram. Pihak Instagram sendiri meminta bukti  bahwa orang yang mengajukan penghapusan akun Instagram adalah anggota keluarga dekat dari orang yang meninggal. Bukti tersebut bisa berupa akta kelahiran almarhum/almarhumah, akta kematian, dan bukti otoritas berdasarkan hukum setempat bahwa orang yang mengajukan penutupan akun Instagram adalah wakil resmi almarhum/almarhumah atau atas harta bendanya.

Namun bila akun Instagram orang yang sudah meninggal tersebut tak ingin dihapus, Instagram menyediakan fasilitas akun kenangan (memorialize). Untuk melaporkan sebuah akun agar dikenang, pihak Instagram juga memerlukan bukti kematian, seperti tautan ke berita duka atau artikel lainnya.

Harap diingat, Instagram tidak dapat memberikan informasi masuk  untuk akun kenangan. Orang lain yang masuk ke akun orang lainnya dianggap melanggar kebijakan Instagram. Singkatnya, akun Instagram kenangan tidak bisa diakses oleh orang lain. Akun Instagram kenangan juga tidak bisa dicari lewat fasilitas pencarian di Instagram. 

Untuk mencari tahu lebih detail mengenai kebijakan akun Instagram orang yang sudah meninggal, bisa melihat web resmi Instagram.  

(bin/bin)

 

Penulis : Binsar Hutapea
Editor: Binsar Hutapea
Berita Terkait