Sempat Gagal di Sketsa Komedi, Begini Awal Terbentuknya Putih Abu Abu

Ari Kurniawan | 3 September 2020 | 11:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Grup vokal Putih Abu Abu meraup sukses lewat sederet video cover lagu yang dunggah di YouTube. Tak main-main, anak-anak muda asal Cianjur, Jawa Barat, ini telah memiliki lebih dari 4 juta subscriber!

Terbentuk di SMK Dharma Kusuma, Cianjur, pada 2017, banyak yang mengira personel Putih Abu Abu merupakan anggota ekstrakurikuler menyanyi. Tapi, nyatanya tidak demikian. Dijelaskan Ogan, pendiri Putih Abu Abu, ia dan anak didiknya semula justru membentuk sebuah grup komedi. 

"Ini tuh berawal dari saya melihat anak-anak ini justru tidak mengikutiekskul. Maksud saya sangat disayangkan sekali usia mereka kan produktif, tapi nggak ada kegiatan, akhirnya saya ajak bentuk ini. Awalnya bukan musik, tapi grup lawak," cerita Ogan, di kantor Warner Music Indonesia, Jakarta, baru-baru ini. 

Usaha awal jauh dari harapan. Sketsa komedi yang mereka tampilkan minim animo. Hingga khirnya Ogan memutuskan untuk mengubah konsep Putih Abu Abu.

"Kami ubah format jadi musik. Awalnya itu kami bawakan lagu Wali, judulnya 'Bocah Ngapa Yak'. Viewers-nya banyak, akhirnya kami teruskan sampai sekarang," lanjut Ogan. 

Sederet video yang diunggah Putih Abu Abu berhasil meraup puluhan juga viewers. Di antaranya video lagu Bagaikan Langit dan Aisyah Isti Rasulullah. 

Kesuksesan mereka di YouTube mencuri perhatian Warner Musik Indonesia. dengan formasi Cherryl, Karin, Taya, Intan, dan Reikhansa, Putih Abu Abu menandatangani kontrak dengan label musik Internasional tersebut. 

(ari)

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait