Ikatan Cinta dan Buku Harian Seorang Istri Terinspirasi Drama Korea Ini?

Vallesca Souisa | 31 Januari 2021 | 16:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ikatan Cinta (RCTI) dan Buku Harian Seorang Istri (SCTV) menjadi dua sinetron paling dibicarakan saat ini. Keduanya mengetengahkan tema benci jadi cinta. Dengan latar belakang tak jauh berbeda, wanita baik-baik dipenjara untuk kesalahan yang tak dilakukannya. Kedua tokoh wanita dalam sinetron ini kemudian menikah dengan pria kaya raya tanpa cinta.

Banyak netizen menuding Buku Harian Seorang Istri meniru kisah Ikatan Cinta. Meniru atau tidak. Menyaingi atau tidak, keduanya memang memiliki kemiripan. Tapi dua-duanya juga disukai penonton. Keduanya juga memberikan warna baru di layar sinetron kita, dengan mengemas kembali formula lama “benci jadi cinta”.

Formula “benci jadi cinta” sebenarnya banyak didapati dalam serial-serial maupun film-film sebelumnya dari berbagai negara, sejak dulu kala. Namun yang dua ini jadi booming karena penggarapannya agak lebih serius ketimbang sinetron-sinetron Indonesia sebelumnya. Nuansa “drakor” (drama korea) yang kebetulan lagi “booming” nampaknya menjadi “roh” kedua sinetron ini. Baik dari kekuatan karakter, adegan-adegan tertenu, pengembangan alur cerita, hingga fashion-nya. Bukan menjiplak, ya. Tapi terinspirasi.

Ada satu drama korea di tahun 2013 yang punya latar belakang cerita dan karakter hampir sama dengan kedua sinetron ini. Drakor ini berjudul “Secret Love” dibintangi oleh Ji-Sun dan Hwang Jeung Um.

“Secret Love” berkisah tentang Kang Yoo-Jung (Hwang Jung-Eum) yang rela dipenjara, demi menyelamatkan nama dan karier kekasihnya Do-Hoon (Bae Soo-Bin). Do-Hoon menabrak seorang wanita hingga tewas. Kang Yoo-Jung tak tega calon tunangannya yang lagi meniti karier jadi pengacara, hancur. Maka Kang Yoo-Jung menggantikan tempatnya sebagai terpidana dan dipenjara selama 4 tahun. Di dalam penjara, Kang Yoo-Jung hamil. Ia melahirkan di penjara. Anak itu diambil Do-Hoon dan diberikan ke Panti Asuhan. Kepada Kang Yoo-Jung, Do-Hoon bilang bahwa anaknya sudah meninggal

Wanita yang tewas dalam kecelakaan adalah kekasih Jo Min-Hyuk (Ji Sung), pewaris dari beberapa perusahaan besar di Korea. Meski memiliki kepribadian yang baik dan gentlemen, Jo Min Hyuk menyimpan dendam pada penabrak kekasihnya. Dendam, Jo Min Hyuk mengikuti gerak-gerik Kang Yoo-Jung selepas keluar dari penjara. Bukannya membalas dendam, lama-lama Jo Min Hyuk malah jatuh cinta.

Sedikit banyak latar belakang kisah ini mirip dengan Buku Harian Seorang Istri. Dan menginspirasi Ikatan Cinta. Tapi kemudian dalam pengembangannya, cerita dikemas berbeda. Adegan-adegan seperti memeluk dari belakang, menaruh guling sebagai pembatas di ranjang, mengangkat istri dari lantai dan memindahkannya ke tempat tidur, banyak kita lihat di drakor-drakor.

Salah satu adegan lari pagi di sinetron Ikatan Cinta, mengingatkan kita akan adegan lari pagi Rain dan Song Hye Kyo di Full House. Ini yang mungkin membuat dua sinetron ini digemari, karena bercita rasa drakor.

(val)

Penulis : Vallesca Souisa
Editor: Vallesca Souisa
Berita Terkait