Kalau Al, Andin dan Semua Tokoh di Sinetron Pakai Masker, Siapa Kira-kira yang Akan Protes?

Redaksi | 17 Februari 2021 | 21:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Teguran Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) pada beberapa talk show yang dianggap melanggar protokol kesehatan, berbuah kritik karena dianggap tak adil dibanding dengan perlakuan KPI pada sinetron. Kritik salah satunya datang dari Deddy Corbuzier, juga dari seorang anggota DPR. 

Acara talk show, variery show dan presenter berita memang diwajibkan untuk menaati protokol kesehatan dengan memakai masker dan menjaga jarak selama musim pandemi Covid-19. Tapi di sinetron yang sekarang sedang tayang di TV kita bisa melihat para bintangnya berakting seperti biasa. Bukan hanya tak menjaga jarak, tapi juga tak bermasker. Apakah mereka juga rajin cuci tangan di lokasi syuting? Ah, itu urusan bagian produksi.

Tapi kalau demi keadilan semua pemain sinetron wajib bermasker saat syuting dan berakting seperti di acara talk show, apa yang akan terjadi? Agak aneh membayangkan Aldebaran dan Andin di Ikatan Cinta selalu mengenakan masker saat keluar rumah. Penonton pasti akan sedikit kesulitan menangkap ekspresi wajah para bintang sinetron yang tertutup masker. Para aktor/aktris sinetron juga mungkin akan sedikit mengalami kesulitan berakting dengan sebagian wajah tertutup masker.

Tapi seandainya KPI nekad mewajibkan semua pemain sinetron mengenakan masker, manjaga jarak dan rajin mencuci tangan, ini akan jadi kampanye yang luar biasa efektif. Lebih efektif dibanding membayar banyak buzzer. Para penikmat sinetron tanpa sadar terus menerus diingatkan bahwa sekarang sedang masa pandemi covid-19. Bukan tak mungkin mereka bahkan ikut-ikutan mengenakan masker meski sedang nonton TV di rumah, sendirian. Demi solidaritas dengan pemain sinetron.

Tentu saja tak harus sepanjang episode para pemain sinetron bermasker. Adegan di rumah di antara sesama anggota keluarga boleh saja tanpa masker. Sinetron dengan seting masa lalu dengan seting kerajaan Majapahit, pasti aneh kalau para pemainnya bermasker. Lebih aneh lagi kalau sinetron tayang ulang juga harus pakai masker. Bagaimana caranya?

Sinetron dengan seting cerita masa kini, seperti beberapa judul yang sekarang tayang di RCTI dan SCTV, mestinya justru terlihat makin realistis kalau para pemainnya bermasker dan menaati protokol kesehatan, seperti yang terjadi dalam kehidupan nyata kita saat ini. Pada saat bersamaan protokol kesehatan dalam sinetron bisa menjadi tantangan baru para aktor dan aktris berakting dengan sebagian wajah tertutup masker. Tak mudah dan merepotkan, tapi demi keadilan tak apa juga diterapkan. Tapi jangan-jangan malah penonton sinetron yang protes karena wajah bintang pujuaannya tertutup masker. Tak bisa lagi melihat senyum Mas Al atau ikut berdebar-debar melihat gerak bibir Andin.

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait