Ikatan Cinta Merosot Karena Faktor Ini, BRI LIGA 1 Curi Perhatian Penonton

Indra Kurniawan | 28 September 2021 | 17:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Penyelenggaraan Indonesian Television Awards 2022 di RCTI membuat penayangan sinetron Ikatan Cinta mundur lebih malam. Imbasnya, rating merosot walau audience share mengalami kenaikan. Sementara itu siaran langsung BRI LIGA 1 untuk kali pertama menembus 3 besar daftar rating semua program TV.

Alur cerita yang belakangan sulit ditebak membuat penonton tetap setia menyaksikan Ikatan Cinta. Sekalipun tayang lebih malam. Terbukti, dengan TVR 9,9 dan audience share 46,7 persen, Ikatan Cinta masih bertengger di posisi pertama. Diikuti Indonesian Television Awards 2021 di posisi runner up dengan TVR 4,5 dan share 21,1 persen.

Tingginya rating Indonesian Television Awards selain karena menempati slot Putri Untuk Pangeran dan Ikatan Cinta, juga faktor kehadiran pasangan idola sinetron sekarang, Arya Saloka dan Amanda Manopo. Walau tidak dipasangkan saat pembacaan nomine kategori namun kamera beberapa kali menyorot ke arah mereka di kursi tamu undangan.

Menggeser Amanah Wali 5 dari 3 besar ada siaran langsung BRI LIGA 1: Persikabo 1973 vs Persib Bandung di Indosiar. Tayang di slot sore jelang malam hari, program tersebut mampu menyedot penikmat sepak bola Tanah Air dengan meraih TVR 3,4 dan audience share 14,2 persen. Amanah Wali 5 sendiri turun ke peringkat 4 dengan TVR/share 3,1/29,6.

Empat sinetron unggulan SCTV produksi Sinemart: Buku Harian Seorang Istri, Dari Jendela SMP, Naluri Hati, dan Love Story The Series masing-masing menempati peringkat 5, 6, 8, dan 9. TVR tertinggi diraih Buku Harian Seorang Istri dengan 3,1 sedangkan share tertinggi dicapai Love Story The Series dengan 17,4 persen.

Sementara Upin & Ipin Bermula MNCTV stabil di posisi 7, Kisah Nyata Siang Indosiar berhasil merangsek ke peringkat 10 disusul Upin Ipin & Kawan Kawan di bawahnya dengan TVR 1,8 dan audience share 14,2 persen. Mega Series Suara Hati Istri: Anjani tak mampu berbuat banyak di slot baru dengan hanya mengantongi TVR 1,3 dan share 9,5 persen.

(ind)

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait