Ini Dia 7 Alasan Mengapa Rak Buku Penting untuk Kamarmu

- | 16 Maret 2017 | 16:45 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Apakah Anda hobi membaca buku? Biasanya, berapa buah buku yang Anda beli setiap bulan? Lalu, di mana seluruh buku tersebut disimpan?

Apakah dibiarkan tergeletak begitu saja tanpa ditata atau dirapikan? Atau, bisa jadi Anda sudah memiliki tempat khusus untuk menyimpan koleksi buku tersebut.

Semua orang pasti menginginkan rumahnya tetap kelihatan bersih dan rapi. Benda-benda seperti buku yang berserakan akan merusak konsep kebersihan dan kerapian itu. Apalagi jika buku-buku tersebut hanya dibiarkan begitu saja tanpa pernah dibersihkan dari paparan debu.

Nah, untuk mewujudkan kondisi yang ideal tersebut, perlu ada upaya yang dilakukan, minimal menata buku di tempat khusus. Cara yang paling efektif adalah dengan menggunakan rak buku. Namun, di mana biasanya rak buku diperjualbelikan?

Anda bisa beli rak buku di berbagai toko yang menjual furnitur rumahtangga. Namun, jika tidak sempat berkunjung ke toko, berbagai furnitur termasuk rak buku juga bisa dibeli secara online. Anda dapat mengunjungi dekoruma.com untuk memilih rak buku unik yang cocok.

Selain bermanfaat dalam proses penataan buku, berikut beberapa fungsi rak buku yang bisa menjadi alasan kuat untuk membeli furnitur yang satu ini.

1. Rak buku berfungsi untuk menyimpan buku
Anda tentu tidak akan merasa nyaman jika lantai kamar dipenuhi oleh buku-buku yang berserakan. Hendak beraktivitas di dalam kamar pun rasanya jadi tidak leluasa. Rak buku akan menjadi wadah yang pantas untuk buku-buku tersebut.

Carilah rak buku yang sesuai dengan kebutuhan, khususnya dalam hal ukuran. Jika buku yang disimpan hanya berjumlah sedikit, rak berukuran kecil akan mencukupi. Namun, jika Anda adalah tipe penimbun buku, sebaiknya pertimbangkan untuk membeli rak buku yang berukuran besar sekaligus.

2. Rak buku berfungsi sebagai tempat untuk menata buku
Dengan kehadiran rak buku di kamar, Anda bisa menata buku sesuai dengan jenisnya. Buku-buku fiksi, referensi, motivasi, dan sebagainya bisa ditempatkan di area yang berbeda.Salah satu tujuannya adalah untuk memudahkan pencarian.

3. Rak buku mendukung perawatan buku
Mana yang lebih awet, buku yang dibiarkan berserakan begitu saja atau buku yang tertata rapi di sebuah rak. Menata buku di rak akan mengurangi kemungkinan buku tersebut bersentuhan dengan lantai. Buku yang sering atau lama berada di lantai bisa menjadi lembap dan cepat rusak.
Oleh karena itu, keberadaan rak akan kemungkinan rusak pada buku. Jika Anda masih sayang dengan koleksi buku-buku tersebut, segeralah mencari sebuah rak buku yang sesuai dengan kebutuhan.

4. Jika disimpan di rak, buku mudah dibersihkan
Jika buku-buku hanya ditinggalkan begitu saja di sebuah ruang kosong dan tidak dirawat dengan baik, bisa jadi akan rusak karena berbagai macam sebab. Anda tentu tidak ingin hal ini terjadi. Oleh karena itu, terapkan strategi khusus yang bisa mengurangi kemungkinan ini.
Salah satu di antaranya adalah rajin membersihkan buku dari paparan debu. Jika tidak segera dibersihkan, debu bisa mengendap di sampul buku dan membuatnya menjadi kusam, bahkan cepat robek.

5. Rak buku bisa berfungsi untuk menghias ruangan
Buku-buku yang dijejerkan sedemikian rupa sebenarnya menghasilkan pemandangan yang unik. Apalagi jika semuanya ditata dengan rapi dan artistik. Pemilihan model rakbuku yang bernilai seni juga akan semakin menambah keindahan kamar.
Ada banyak jenis rak yang dibuat dengan penuh kreativitas serta tidak monoton atau kaku. Mulai dari model hingga warna yang digunakan, ada rak buku yang bergaya modern dan mengikuti tren masak ini. Beberapa contohnya bisa Anda lihat di Pinterest atau Instagram.
Ada baiknya jika Anda juga menyesuaikan model rak buku dengan konsep kamar. Misalnya, jika menyukai gaya vintage yang antik, gunakan juga rak buku yang memiliki model seperti itu. Sebaliknya, jika tema kamar lebih cenderung futuristik, rak buku yang digunakan pun bisa mengikuti.

6. Menggunakan rak buku akan membuat ruangan terlihat lebih luas
Nah, setelah tumpukan buku-buku tersebut disusun dengan rapi di sebuah rak buku, hasilnya tentu akan membuat kondisi kamar menjadi lebih lapang. Buku-buku yang awalnya tersebar di berbagai tempat, baik di lantai mau pun di meja atau di atas lemari, kini tidak lagi memakan tempat.
Akan lebih efektif jika rak yang Anda gunakan berukuran ramping dan menempel di dinding. Misalnya, untuk buku seukuran 21 cm, belilah rak yang memiliki tatakan berukuran 30 cm atau kurang.

7. Memasang rak buku di kamar akan memotivasi untuk membaca
Hal lain yang perlu Anda sadari dengan kehadiran rak buku adalah bisa menjadi salah satu motivasi untuk membaca buku. Menurutp enelitian yang dilakukan oleh Central Connecticut State Univesity, minat baca masyarakat Indonesia saat ini cukup rendah, yaitu di urutan ke-60 di dunia.
Padahal, membaca sebenarnya memiliki manfaat yang sangat bagus. Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan berbagai cara untuk memotivasi diri membaca buku. Salah satunya menempatkan sebuah rak buku yang cantik dan sederhana di dalam kamar. Hal ini akan mendorong peningkatan aktivitas membaca buku di saat senggang.

Pada dasarnya, rak harus dibersihkan agar terbebas dari hama yang merusak buku maupun rak itu sendiri. Jadi, jadwalkanlah secara berkala kegiatan membersihkan rak. Nah, ingin memamerkan rak buku Anda yang cantik kepada teman? Undanglah mereka untuk sesekali membaca bareng di kamar Anda.

Penulis : -
Editor: -
Berita Terkait