Kenali Patah Tulang Panggul: dari Teknik Pertolongan Pertama hingga Tele Emergency

Adi Adrian | 27 Maret 2021 | 00:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Cedera bisa terjadi kapan saja dan di bagian tubuh mana saja. Saat Anda atau anggota keluarga terkasih mengalami cedera, sebenarnya ada sejumlah cara untuk memberi pertolongan pertama sebelum dibawa ke rumah sakit. Ini terungkap dalam konferensi pers virtual “Launching Tele Emergency dan Tele Stroke RS Premier Jatinegara,” pekan ini. Salah satu narasumber yakni dr. Sony Wijaya, Sp.B menyorot ragam cedera, salah satunya patah tulang panggung. Sony mengulas, patah tulang panggul dapat menyebabkan perdarahan serius dalam rongga panggul.

“(Jenis ini memicu sejumlah akibat antara lain) jejas di panggul, nyeri di panggul, kebiruan di lipat paha, buah zakar dan perineum, kebas atau kesemutan di area genital, panggul, bokong dan paha atas. Terjadi syok namun tidak terlihat sumber perdarahan,” Sony memaparkan. Sebelum dilarikan ke rumah sakit, rupanya ada sejumlah langkah sederhana untuk menolong pasien. Sony mengatakan, pertama dengan mengikat kedua pergelangan kaki jadi satu untuk mencegah rotasi keluar dari sendi panggul.

“Masukan kain panjang bisa berupa selimut, seprei, maupun gorden di bawah panggul. Setelah itu kedua ujung dipilin atau putar hingga kencang namun jangan terlalu ketat,” beri tahunya. Setelah itu, hubungi tele emergency di nomor 1500 907. CEO Rumah Sakit Premier Jatinegara, dr. Susan Ananda, MARS, menjelaskan layanan tele emergency ini telah dimiliki Rumah Sakit Premier Jatinegara. Diharapkan tele emergency memudahkan akses sekaligus pendampingan bagi masyarakat dalam kondisi darurat medis secara cepat dan tepat.

“Layanan Tele Emergency memungkinkan pasien berkonsultasi langsung dengan dokter secara daring untuk beroleh arahan pertolongan pertama yang bisa dilakukan pasien demi menghindari perburukan hingga ambulans tiba di lokasi,” kata Susan. Sementara layanan Tele Stroke spesifik menangani kegawatdaruratan strok di mana kecepatan waktu penanganan sangat dibutuhkan. Dikepalai dr. Sukono Djojoatmodjo, Sp.S, stroke unit salah satu fasilitas unggulan Rumah Sakit Premier Jatinegara. Ia dua kali diganjar penghargaan dari WHO sebagai salah satu yang terbaik.

Penulis : Adi Adrian
Editor: Adi Adrian
Berita Terkait