5 Gerakan Peregangan yang Bisa Dilakukan di Rumah, Sederhana dan Bikin Badan Bugar

Adi Adrian | 26 Maret 2021 | 13:21 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Jika Anda masih kerja di rumah sembari menanti pandemi Covid-19 reda, ada baiknya luangkan waktu melakukan gerak peregangan. Vice President Worldwide Sports Performance and Fitness Herbalife Nutrition, Samantha Clayton, mengutip dari American College of Sports Medicine, “Orang dewasa harus melakukan latihan peregangan dua-tiga kali seminggu untuk menyegarkan tubuh.” Lewat siaran pers yang kami terima pekan ini, Samantha membagikan lima gerak peregangan tubuh. Berbekal matras di rumah, kita coba satu per satu, yuk!

Pertama, peregangan leher dimulai dengan berdiri dan lihat ke depan. Rilekskan bahu, miringkan kepala perlahan ke satu bahu, tahan selama tiga detik. Berhati-hatilah untuk tidak memaksakan terlalu jauh dan jika ini terasa tidak nyaman, hentikan peregangan. Miringkan kepala ke sisi lain, regangkan leher dengan lembut kemudian kembali ke posisi awal, dengan mata lurus ke depan. Ulangi latihan ini 10 kali.

Kedua, downward Facing Dog dengan posisi telapak tangan menyentuh matras. Posisikan lutut menyentuh matras dan sejajar dengan posisi tangan. Pastikan tangan di bawah bahu dan lutut di bawah pinggul, sehingga posisi sejajar. Angkat tulang ekor, tarik pinggul ke atas. Luruskan kaki sebaik mungkin dan tekan tumit dengan lembut ke lantai. Rilekskan kepala di antara dua lengan, menghadap ke lutut. Punggung harus rata. Idealnya, tahan posisi ini selama 60 detik.

Hamstring Helper yakni angkat kaki kiri ke depan hingga sejajar pinggul, jaga agar punggung tetap rata. Turunkan tubuh sampai terasa regangan di belakang kaki. Letakkan tangan di paha atas untuk menopang punggung. Tahan 15 - 30 detik. Ganti sisi dan ulangi satu sampai tiga kali. Lalu Triceps Stretch diawali dengan mengangkat satu lengan di atas kepala sambil berdiri dan tekuk siku untuk menjangkau ke belakang leher. Gunakan tangan lain mendorong lengan yang terangkat lebih jauh ke belakang kepala dengan lembut. Ulangi dengan lengan yang berlawanan.

Child’s Pose dimulai dengan berlutut di atas matras, dua lutut dibuka selebar pinggul, dua kaki di belakang. Duduklah di atas tumit dan lipat bagian tubuh atas ke depan, letakkan perut di atas paha. Rentangkan tangan di depan dan sandarkan dahi di lantai. Regangan akan terasa di bahu dan punggung. Tekan lembut dada dan bahu ke arah lantai lalu tahan setidaknya 30 detik.

Penulis : Adi Adrian
Editor: Adi Adrian
Berita Terkait