Mengenal Manfaat Jintan Hitam, Meniran, dan Jahe untuk Kesehatan

Yoga Prakoso | 15 April 2021 | 11:35 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Tanaman herbal sejak lama dikenal baik untuk menunjang kesehatan fisik khususnya kala Ramadan di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang. Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia, Dr. (Cand.) dr. Inggrid Tania, M.Si (Herbal) menjelaskan, selama berpuasa, kekebalan tubuh seseorang dapat menurun akibat kurangnya asupan nutrisi dan dehidrasi. Agar puasa berjalan lancar, masyarakat disarankan mengonsumsi makanan bergizi seimbang saat sahur dan berbuka.

“Komposisi menu sahur dan berbuka yang baik mengandung karbohidrat, protein dan lemak yang disesuaikan dengan angka kecukupan gizi masing-masing. Jangan lupa mengonsumsi banyak sayur dan buah untuk memenuhi kebutuhan serat harian,” beri tahu Inggrid dalam peluncuran virtual Antangin Habbatussauda, pekan ini. Ada baiknya mengonsumsi herbal habbatussauda alias jintan hitam, meniran dan jahe sebagai alternatif untuk memenuhi kebutuhan nutrisi sekaligus meningkatkan imunitas di bulan Ramadan. 

Jintan hitam dikenal kaya karbohidrat, protein, lemak serta vitamin A, B1, B6, C, dan E. Ia termasuk kelompok imunostimulan fitogenik dengan kandungan thymoquinone yang membentuk juga memperkuat imunitas tubuh. Meniran berfungsi mengoptimalkan fungsi pertahanan tubuh. “Sementara jahe mengandung magnesium, vitamin C dan B6, fosfor, tembaga, besi, dan kalsium. Minyak atsiri yang terdapat dalam jahe memberikan sensasi hangat ke seluruh tubuh, serta efektif meredakan masuk angin,” tutur Inggrid.

Merespons kebaikan jintan hitam, jahe, dan meniran, PT Deltomed Laboratories merilis Antangin Habbatussauda. Ia mengandung 100 persen herbal habbatussauda, meniran dan jahe yang meningkatkan sistem imunitas tubuh juga mengatasi masuk angin. “Selain itu Antangin Habbatussauda telah mendapatkan izin edar dari Badan POM RI dan sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia,” imbuh Chief Business Development and R&D PT Deltomed Laboratories, apt. Drs. Victor S. Ringoringo, S.E., M.Sc.

Penulis : Yoga Prakoso
Editor: Yoga Prakoso
Berita Terkait