Haruskah Si Dia Selalu Menggunakan Kondom Saat Ngeseks?

Vallesca Souisa | 24 Mei 2021 | 23:59 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - TUJUAN diciptakannya kondom selain mencegah kehamilan adalah untuk mencegah agar pasangan tertular penyakit.

Seberapa seringkah setiap pasangan menggunakan kondom saat tengah berhubungan seks?

Sebuah studi asal Belanda menemukan bahwa penggunaan alat ini bergantung pada karakterisitk setiap pasangan melihat individu yang terlibat.

"Sebagai dokter, kami lebih fokus kepada sosok individual, namun kita seharusnya melihat tipe hubungan seperti apa yang dijalankan pasangan," demikian dijelaskan Dr. Luu Ireland dari University of California Los Angeles (UCLA) bagian obstretik dan ginekologi.

Studi yang dikepalai Amy Master dari Public Health Service of Amsterdam ini melibatkan 2.144 peserta di bawah usia 25 tahun.

Dari data keseluruhan, diketahui telah terjalin sebanyak 6.401 hubungan. Sebanyak 33.5% dari 4.014 pasangan yang menjalin hubungan tak tetap, mengatakan bahwa mereka menggunakan kondom saat berhubungan seks. Sedangkan mereka yang menjalin hubungan resmi dan tetap terhitung sebesar 14%.

Tetapi pasangan yang diketahui tidak mengenakan kondom ternyata dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti masa penjajakan hubungan, perbedaan etnis individu, penggunaan obat-obat seks serta terjadinya seks anal.

Ditemukan pula bahwa individu yang memiliki edukasi rendah cenderung jarang menggunakan kondom dibandingkan mereka yang berpendidikan.

Penulis : Vallesca Souisa
Editor: Vallesca Souisa
Berita Terkait