Sering Tidak Kita Sadari, Benda-benda Ini Lebih Kotor Daripada Kloset (Bagian 1)

Redaksi | 21 Juni 2021 | 05:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ada banyak benda di sekitar kita yang lebih kotor dibandingkan kloset. Beberapa di antaranya sangat sering kita gunakan. Apa saja?

1.    Talenan

Praktisi kesehatan dari laman kesehatan The Hygiene Doctor, dr. Lisa Ackerley melakukan penelitian mengenai kehigenisan talenan dapur. Hasilnya, talenan 200 kali lebih kotor daripada dudukan toilet dengan jumlah rata-rata kontaminasi mencapai 24.250 bakteri setiap sentimeter persegi. Bakteri yang sering dijumpai di talenan yakni salmonela, escherichia coli, dan kampilobakter yang menyebabkan keracunan makanan serta diare.

2.    Pengendali jarak jauh

Pengendali jarak jauh alias remote terutama untuk TV di kamar memiliki bakteri 8 kali lebih banyak daripada dudukan kloset. Ini karena orang biasanya tidak mencuci tangan sebelum memegang remote sementara jari tangan adalah media yang sangat mudah ditempeli kuman. Yang terjadi kemudian, kuman di jari berpindah ke remote TV. Itu sebabnya kita dianjurkan rajin cuci tangan selama 20-30 detik dengan sabun dan air mengalir sebelum memegang benda lain.

bersambung

 

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait