Perhatikan Kapan Sebaiknya Minum Air Putih dan Konsumsi Suplemen Saat Olahraga

Yoga Prakoso | 13 Agustus 2021 | 16:31 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - PPKM level 3 dan 4 bukan alasan untuk berhenti berolahraga. Saat melatih fisik, jangan lupa mengantisipasi dengan minum air putih dalam porsi cukup untuk menunjang fungsi sel dan sistem kekebalan tubuh. Air membantu mengatur suhu tubuh, melancarkan sendi, organ, dan jaringan tubuh. Namun selama berolahraga intens, tubuh sering butuh lebih dari sekadar air putih agar kinerja optimal. Director Sport Performance and Education, Herbalife Nutrition, Dana Ryan, mengingatkan, saat olahraga, tubuh butuh lebih banyak asupan cairan.

Minuman suplemen energi menyediakan bahan bakar yang baik, tetapi tidak semua sama. Mengetahui jenis minuman yang harus dipilih dan kapan meminumnya sangat penting. “Soal asupan air, kami rekomendasikan delapan gelas per hari, tapi harus memperhatikan ukuran, usia, jenis kelamin, dan tingkat aktivitas fisik. Misalnya, seorang atlet saat berlatih butuh lebih banyak air daripada mereka yang gaya hidupnya tak banyak bergerak,” kata Dana.

Meski konsumsi air prioritas utama, ada kalanya tubuh butuh tambahan gula dan elektrolit untuk mempertahankan tingkat energi serta status hidrasi selama berolahraga. Minuman suplemen energi adalah cara paling nyaman untuk menghidrasi juga mengonsumsi nutrisi penting selama berolahraga intens. Minuman karbohidrat-elektrolit menopang kinerja atletik dengan meningkatkan gula darah dan mempertahankan tingkat oksidasi karbohidrat yang tinggi. Ia mencegah kelelahan dan kekurangan tenaga.

“Berikut rekomendasi kami untuk minuman suplemen energi, yakni 8 sampai 16 gram gula dari glukosa dan sukrosa, dalam larutan karbohidrat 3 hingga 6 persen. Lalu, 80 sampai 160 miligram natrium. Elektrolit dan vitamin lain adalah tambahan bagus, tetapi keduanya harus menjadi prioritas utama,” ujar Dana. Gula dalam minuman suplemen energi tidak buruk jika dikonsumsi dengan benar untuk penggunaan fungsional. “Ingat, jika Anda tidak berolahraga cukup keras untuk menguras nutrisi dan air, minuman suplemen energi dapat menambah kalori berlebih di tubuh Anda,” Dana Ryan mempengingatkan.

Penulis : Yoga Prakoso
Editor: Yoga Prakoso
Berita Terkait