6 Tips Memilih Nanas yang Matang dan Manis

Redaksi | 6 September 2021 | 06:17 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Salah satu buah tropis yang populer di negeri ini adalah nanas. Meski dari luar nampak tajam karena kulitnya seperti duri, siapa sangka di dalamnya terasa manis dan segar saat dikonsumsi. Nanas juga bisa digunakan dalam berbagai makanan seperti selai, jus, salad, rujak, acar, dan sebagainya. Tak heran jika nanas banyak peminatnya.

Di Indonesia, Pemalang menjadi sentra penghasil nanas kualitas unggul. Nanas madu sebutannya. Penjualannya tersebar di berbagai daerah, bahkan luar negeri. Tak sedikit pula yang menjual nanas madu di pinggir-pinggir jalan.

Saat membeli nanas, seringkali banyak yang kesulitan untuk memilih nanas mana saja yang sudah matang sempurna dan manis. Oleh karena itu, mari simak tips memilih buah nanas sendiri yang sudah matang dan berkualitas.

1.      Perhatikan warna mahkota

Pilih nanas dengan warna mahkota (mirip seperti daun) hijau cerah. Nanas yang segar dan memiliki tingkat kematangan yang pas, biasanya akan memiliki mahkota yang tegak dan berwarna hijau cerah. Hindari mahkota nanas yang terdapat noda kecoklatan. Hal itu menandakan bahwa nanas sudah tidak segar, bahkan hampir busuk.

Ada satu metode yang tidak dipercayai oleh sebagian orang. Yaitu, menarik daun bagian atas anas. Sebagian orang lainnya percaya bahwa nanas yang sudah matang maka daunnya akan mudah untuk dipetik. Tapi kalau sampai terlalu mudah dipetik, nanas mungkin malah sudah busuk.

2.      Bentuk

Buah nanas akan mengalami proses kematangan saat sudah dipanen. Pastikan bentuk nanas bagian bawah sudah bulat dan penuh. Jika bentuknya lonjong, berarti nanas masih muda.

3.      Berat dan Ukuran

Semakin berat buah nanas, maka semakin manis pula daging buahnya. Berat ternyata juga bisa menentukan cita rasa buahnya. Selain itu, buah nanas yang berat menandakan nanas memiliki lebih banyak kandungan air. Lebih berat tidak selalu lebih besar.

Tetapi, perhatikan pula ukurannya. Pilih nanas yang berukuran besar dari yang lainnya sekaligus lebih berat. Sebab, sebagian besar bagian daging buah nanas akan terbuang saat proses pengupasan. Sebaiknya memilih yang berukuran besar, ya.

4.      Permukaan buah

Hindarilah permukaan kulit nanas yang berkerut atau keriput. Keadaan itu menandakan buah telah melewati batas kematangan alias terlalu tua. Nanas yang sudah matang biasanya berwarna kekuningan. Permukaan kulitnya nampak licin dan mengkilat saat terkena cahaya.

5.      Tekan permukaan kulit

Hal ini untuk memastikan kematangan nanas, tekan permukaan kulit nanas menggunakan jari. Jika saat ditekan nanas tersebut cukup empuk, maka nanas tersebut artinya sudah siap untuk dikonsumsi. Tapi jika masih keras, lebih baik pilih nanas yang lain.

6.      Cium aroma

Jika tidak ada aroma manis khas buah saat dicium artinya nanas belum matang. Hindari nanas yang beraroma fermentasi seperti mirip cuka atau alkohol. Rasanya memang sama-sama manis, tetapi tidak manis alami dan cenderung terasa tidak segar.

Beli Nanas #DiRumahAja

Saat ini, tidak perlu khawatir lagi untuk mencari tempat membeli nanas yang dijamin segar dan berkualitas. TaniHub menyediakan nanas serta kebutuhan sehari- hari seperti buah, sayur, sembako, kebutuhan masak, bumbu, telur dan unggas lainnya yang telah lulus quality control yang ketat.

TaniHub merupakan sebuah platform e-commerce yang berbasis aplikasi dan website. Memiliki fokus utama terhadap produk hasil pertanian dan berbagai kebutuhan masak untuk usaha ataupun rumah tangga. Selain membantu para petani lokal, Anda juga bisa mendapatkan penawaran harga yang lebih terjangkau.

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait