33,5 Persen Masyarakat Indonesia Kurang Aktivitas Fisik, Bisa Naik Saat Pandemi

Adi Adrian | 9 September 2021 | 14:06 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Riset Kesehatan Dasar 2018 yang dirilis Kementerian Kesehatan RI mengungkap data mengejutkan, yakni 33,5 persen masyarakat Indonesia kurang beraktivitas fisik. Kini Indonesia diterpa pandemi Covid-19. Ini berpotensi meningkatkan angka persentase tersebut. Padahal aktivitas fisik secara teratur dan asupan gizi lengkap terbukti bermanfaat menopang kesehatan tubuh maupun pikiran. Mendorong masyarakat bergerak aktif selama pandemi, Anlene menggelar “Anlene Virtual Race” yaitu kompetisi berlari, berjalan dan melompat selama 10 hari secara online dimulai pada Hari Olahraga Nasional, 9 September 2021.

Lomba yang digelar hingga 18 September 2021 ini memfiturkan sejumlah kategori pilihan yakni jalan 10.000 langkah per hari, lari 1,5 km per hari, dan lompat 30 menit per hari. Peserta dapat memilih salah satu atau ketiganya lalu mengirim laporan aktivitas harian ke aplikasi 99 Virtual Race. Di akhir periode, sistem aplikasi menentukan finisher yang telah menyelesaikan tantangan tiap kategori. Mereka akan diganjar medali dan sertifikat.

Pandemi bukan alasan berhenti olahraga, Anda bisa berjalan 10.000 langkah di rumah dalam satu hari dengan sebanyak mungkin mengonversi kegiatan kerja atau waktu luang yang awalnya dilakukan duduk. Lari 1,5 km di rumah dapat disiasati dengan naik-turun tangga atau keliling rumah sekian putaran sehari. “Untuk lompat 30 menit, Anda dapat tentukan jenis lompatan yang dipilih dari aplikasi kesehatan, lakukan 2 sampai 4 set dengan repetisi 10 hingga 20 kali. Jangan lupa perhatikan kemampuan diri masing-masing,” kata Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga, dr. Leny Pintowari, SpKO.

Dalam webinar yang digelar Kamis (9/9/2021) itu, Marketing Manager Anlene, Fonterra Brands Indonesia, Rhesya Agustine, menjelaskan, Anlene Virtual Race merupakan rangkaian dari peluncuran Anlene Actifit 3X dan Anlene Gold 5X dengan nutrisi #LebihDariSusu yang membantu masyarakat menjalani rutinitas aktivitas fisik setiap hari dan mengikuti kompetisi virtual di rumah. “Anlene Actifit 3X punya kandungan lengkap yang mampu meningkatkan kekuatan, fleksibilitas dan energi sepanjang hari,” terangnya.

Penulis : Adi Adrian
Editor: Adi Adrian
Berita Terkait