5 Manfaat Sarapan Sehat untuk Awali Hari, dari Tambah Semangat Hingga Pasokan Energi

Redaksi | 17 Februari 2022 | 00:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Selalu ada hikmah di balik musibah, termasuk Covid-19 yang mewabah di Indonesia sejak Maret 2020. Salah satunya, terbentuknya kebiasaan baik menyiapkan sarapan sendiri kala menjalani work from home atau kerja dari rumah. Survei Herbalife Nutrition bertajuk Asia Pacific Breakfast Habits Survey 2021 menyebut, dua dari lima (sekitar 37 persen) Gen Z dan Milenial lebih sering menyiapkan sarapan, sedangkan setengah dari responden mulai sarapan. Maksudnya, mereka sarapan enam sampai tujuh hari per minggu.

Senior Director Worldwide Nutrition Education and Training Herbalife Nutrition, Susan Bowerman, mengulas manfaat sarapan sehat dan cara memastikan kebiasaan ini berjalan konsisten. Pertama, membuat Anda tetap semangat hingga waktu makan berikutnya. Sarapan yang seimbang memberi daya tahan. Makanan berprotein menahan rasa lapar. Makanan berserat tinggi membuat kita kenyang lebih lama. Kedua, memasok energi. “Konsumsi makanan yang tepat saat sarapan memberikan energi lebih pada otot dan otak. Itu bahan bakar untuk kinerja yang optimal,” ujarnya lewat siaran pers yang kami terima pekan ini.

Ketiga, menu sarapan yang mengandung protein dan karbohidrat sehat membantu mencegah perubahan pada gula darah yang memicu keinginan untuk nyamil atau makan makanan tidak sehat lainnya. Ini berlaku selama tidak memiliki masalah medis terkait kemampuan tubuh untuk mengatur gula darah. Keempat, rajin sarapan membuat keinginan untuk makan yang manis-manis turun. Jika sarapan tinggi protein, maka keinginan makan yang asin dan berlemak pun menyusut. Terakhir, makan cukup protein di pagi hari menjaga kesehatan otot. Pembentukan protein otot meningkat jika asupan protein lebih merata sepanjang hari.

“Sarapan dengan protein shake pilihan yang baik untuk dipertimbangkan, seperti Herbalife Nutrition Formula 1 Shake. Ia mudah untuk disiapkan dan menyediakan semua nutrisi yang dibutuhkan. Sarapan sehat memberi banyak manfaat jangka panjang. Mari sisihkan waktu untuk sarapan dan menjaga komitmen ini buat jangka panjang,” ungkap Susan Bowerman.

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait