Mengenal Terapi Simtomatik untuk Obati Batuk, Seperti Apa?

tabloidbintang.com | 26 Februari 2022 | 00:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Varian Omicron mewabah di Indonesia. Meski Kementerian Kesehatan RI menyebut varian ini tak separah Delta, namun Omicron lebih mudah menyebar dengan gejala umum seperti demam, batuk flu, dan sakit tenggorok. Dalam media briefing OB Herbal: Efektivitas Terapi Simtomatik Batuk dari Bahan Herbal yang digelar Jumat (25/2/2022), terungkap hampir semua varian Corona menyebabkan gejala batuk. Salah satu upaya terapi simtomatik terhadap batuk yang disebabkan Covid-19 yakni mengonsumsi bahan herbal.

Terapi simtomatik bisa dilakukan untuk mengatasi keluhan sementara karena fokus mengobati sesuai gejala. Ini sesuai rekomendasi pemerintah dalam menghadapi gelombang Omicron yang penularannya tinggi tapi keparahan rendah yaitu mengimbau disiplin isolasi sendiri, minum vitamin, serta minum obat sesuai gejala. Surat edaran No. HK. 01.07/ Menkes/ 187/2017 juga menganjurkan konsumsi tanaman obat jahe, jeruk nipis, dan kencur untuk memelihara kesehatan, pencegahan penyakit, dan perawatan termasuk pada masa Covid-19.

Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia, Dr. (Cand.) dr. Inggrid Tania, M.Si (Herbal), menyatakan, “Terapi simtomatik terhadap batuk bertujuan melegakan jalan napas. Herbal seperti jahe, jeruk nipis, kencur, daun mint ampuh meredakan batuk dan melegakan tenggorok karena memiliki sifat antitusif. Mereka bekerja sebagai ekspektoran yang membantu mengeluarkan dahak dari paru-paru.” Setiap jenis bahan herbal memiliki multikhasiat dan efek samping yang minimal.

Narasumber lain, Chief Business Development and R&D PT Deltomed Laboratories, apt. Drs. Victor S. Ringoringo, S.E., M.Sc., menyebut tahun ini Deltomed berkomitmen menjaga kesehatan masyarakat salah satunya melalui OB Herbal dengan sediaan sirop yang membantu meredakan batuk sekaligus melegakan tenggorok. “Produk ini sudah tersertifikasi halal dan Obat Herbal Terstandar. OB Herbal telah mendapat Izin Edar dari Badan POM RI. Selain itu ada OB Herbal Junior dengan rasa madu yang aman dikonsumsi anak-anak,” kata Victor.

Penulis : tabloidbintang.com
Editor: tabloidbintang.com
Berita Terkait