Waspada 4 Bahaya Kebiasaan Tidur di Dekat HP

Indra Kurniawan | 31 Maret 2022 | 22:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Tidur kurang lengkap rasanya jika tidak mengutak-atik ponsel sendiri dulu. Banyak aktivitas yang biasa dilakukan dengan ponsel sebelum memejamkan mata. Dari cek media sosial, chit-chat dengan kawan, nonton film sampai main gim.

Sampai-sampai saking lupa waktu, ponsel terbawa tidur dekat Anda. Namun tahukah Anda tidur dekat ponsel berbahaya bagi kesehatan. Berikut 4 bahaya mencintai Anda yang memiliki kebiasaan tidur dekat ponsel.

1. Mengakibatkan Susah Tidur

Berdasar penelitian dalam Journal of Psychiatric Research, radiasi cahaya dari layar ponsel bisa menghambat produksi hormon melatonin, yang mengatur tidur dan mengganggu ritme sirkadian (jam biologis tubuh). Karena keliru mengira situasi di sekitar masih siang hari, tubuh Anda menurunkan produksi melatonin. Akibatnya, Anda jadi susah tidur.

2. Menurunkan Kualitas Tidur

Penelitian sejumlah institusi di Swedia dan Amerika Serikat menyebut bahaya radiasi ponsel terhadap kualitas tidur. Mereka mendapati orang yang banyak terpapar radiasi ponsel butuh waktu lebih lama untuk memasuki fase tidur yang lebih dalam.

3. Meningkatkan Risiko Kebakaran

Ponsel ditinggal tidur dalam keadaan sedang diisi daya baterainya lebih cepat panas. Bantal, guling, selimut, kasur akan menyerap panas sehingga suhu ponsel semakin tinggi. Kondisi tersebut sangat berbahaya, bisa menyebabkan ponsel meledak.

4. Berpotensi Meningkatkan Risiko Kanker

Radiasi elektromagnetik dari ponsel menurut badan kesehatan dunia WHO berpotensi memiliki sifat karsinogenik bagi manusia. Karsinogenik merupakan sifat yang bisa meningkatkan risiko kanker. Pemakai ponsel bisa memiliki risiko kanker glioma dan tumor otak. Memang belum ada studi lanjutan bahwa radiasi ponsel menyebabkan kanker dan tumor otak. 

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait