Mengharapkan Timbal Balik dari Pasangan Tidak Akan Membuat Bahagia

Widya Laras | 27 Maret 2017 | 13:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Menurut studi terbaru, melakukan suatu hal baik kepada pasangan bisa meningkatkan kesejahteraan emosional kita. Penelitian yang dipublikasikan pada jurnal Emotion membuktikan bahwa memberi lebih baik daripada menerima. Penelitian ini juga mendukung hipotesa Tenzin Gyatso – yang disebut sebagai “Dalai Lama terbaru” – tentang “perhatian kepada kesejahteraan orang lain mempengaruhi sisi afektif individu”.

Untuk menguji teori Dalai Lama itu, para psikolog mempelajari 175 pengantin yang baru menikah sekitar 7 bulan. Selama dua minggu, partisipan diminta untuk mengingat aksi pasangan yang harus mengorbankan kepentingan pribadinya demi memenuhi keinginan partnernya. Mereka juga mencatat keadaan emosional mereka sehari-hari.

Rata-rata, para partisipan melakukan 65 tindakan penuh kasih dalam sehari dan menerima 59 kebaikan dari pasangannya. Tindakan tersebut meliputi: mengubah jadwal pribadi untuk mengikuti keinginan pasangan, menunjukkan rasa syukur dan pujian, atau sekadar melakukan hal perhatian seperti mebersihkan mobil pasangan sebelum ia berangkat ke kantor.

Para peneliti beransumsi, pasangan akan menuai manfaat paling banyak ketika tindakan kebaikan mereka dihargai pasangan. Dan hal itu benar adanya, Namun, peneliti juga menemukan fakta bahwa ‘para pemberi kebaikan’ mengalami peningkatan emosi meskipun tindakannya tidak disadari pasangannya.

Dilihat dari perspektif evolusi, hal ini cukup masuk akal. Sebab, menurut Harry Reis, profesor psikologi di University of Rochester, manusia bisa mendapat kepuasan dari tindakan tanpa pamrihnya kepada orang lain. “Manusia diciptakan untuk memberi. Kita adalah makhluk kooperatif. Ada mekanisme sosial dalam diri kita yang mendukung untuk melakukan hal sosial,” papar Harry.

Secara keseluruhan, penelitian Harry menunjukkan bahwa melakukan kebaikan untuk pasangan dengan mengharapkan imbalan bukanlah kunci kebahagiaan. “Yang penting adalah keikhlasan untuk melakukan kebaikan. Jika melakukan sesuatu karena mengharapkan balasan, maka akan merusak efeknya,” tambah Harry. Ia menegaskan bahwa penelitian ini dilakukan kepada pasangan yang baru menikah sehingga mereka masih berada dalam ‘fase bulan madu’. Dengan begitu, hasil penelitian ini mungkin saja berbeda jika diterapkan pada pasangan yang sudah bersama dalam waktu yang lama. 

 

(widya/wida)

Penulis : Widya Laras
Editor: Widya Laras
Berita Terkait